I.
PENDAHULUAN
Dalam rangka usaha pemerintah untuk meningkatkan pendidikan salah
satunya diterapkanya pendidikan anak
usia sejak dini, dengan suatu tujuan agar anak-anak Indonesia ketika
melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi sudah ada bekal persiapan,
namun demikan untuk menunjang kebutuhan para anak-anak mendapatkan materi yang
lebih mudah dan cepat di dapat tentunya lembaga harus menyiapkan media-media
yang pas dan cocok untuk diterapkan pada anak-anak. Karna media yang tepat akan
sangat membantu lembaga tersebut dalam mencapai suatu tujuan yang telah
ditetapkan oleh bersama.
II.
RUMUSAN MASALAH
A.
Peranan
Media Pembelejaran PAUD
B.
Ragam
Media Pembelaran dan Pemilihan Media PAUD
C.
Prinsip-Prinsip
Pembuatan, Penggunaan dan Pengembangan
Media Paud
III.
PEMBAHASAN
A.
Peranan Pembelajaran PAUD
Media pembelajaran merupakan suatu bagian yang integral dari suatu
proses pendidikan disekolah. Secara harviah media berarti perantara/ pengantar/
wahana/ penyalur pesan/ informasi belajar. Pengertian secara harfiah ini
menunjukan bahwa media pembelajaran merupakan wadah dari pesan yang disampaikan
oleh sumber atau penyalurnya yaitu guru kepada sasaran atau penerima pesan
yakni siswa kanak- kanak yang sedang melakukan pendidikan. Sedangkan tujuan
penggunaan media pembelajaran adalah suatu proses pembelajaran pendidikan
antara seorang pendidik dengan peserta didik yang berlanngsung dengan baik.[1]
Dengan demikian, media pembelajaran pendidikan secara umum dapat
diartikan sebagai sarana atau prasarana yang dipergunakan untuk membantu
tercapainya tujuan pembelajaran, secara kusus media pembelajaran sebagai alat,
metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi
dan interaksi antara guru dan siiswa dalam proses pembelajaran dan pengajaran disekolah.
[2]
Sebelum memasuki diskusi dan pembahasan lebih lanjut dalam mengenai
pendidikan anak usia dini, baiklah jika didefinisikan lebih dahulu apakah yang
dimaksud dengan PAUD itu sendiri, PAUD ialah jenjang pendidikan sebelum jenjang
pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak
sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan malalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan
rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang
diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal
Pendidikan anaka usia dini
merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pandidikan yang menitik beratkan
pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik.( Koordinasi
motorik halus dan kasar), kecerdasan ( daya fikir, daya cipta, kecerdasan
emosi, kecerdasan sepiritual), sosio- emosional(sikap dan perilaku serta agama)
bahasa komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap- tahap perkembangan yang
dilalui oleh anak usia dini.
Tujuan utama diselenggarakanya PAUD yaitu,
· Membentuk anak indonesia yang berkualitas, yakni anak yang tumbuh
dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembanganya sehingga memiliki kesiapan
yang optimal didalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa
dewasa.
· Tujuan penyerta: membantu menyiapkan anak mncapai kesiapan belajar(
akademik) disekolah. Rentangan anak usia dini menurut pasal 28 UU sistem
pendidikan nasianal No 20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun.[3]
Belajar sambil bermain adalah sistem
pendidikan yang umum diterapkan disetiap lembaga pendidikan usia dini. Sistem
ini telah lama diImplementasikan di Indonesia, utamanya diterapkan tokoh
pendidikan sekaligus penyayang anak-anak, pa’kasur yang bernama lengkap
Soerjono. Seprang tokoh pendidikan Indonesia. Pusat, teori dan praktek
pendidikan yang diterapkan ialah memadukan cara mengajar” bermain ambil
belajar” yang memadukaan kurikulumyang di gariskan oleh pemerintah yaitu:
· Cara mengajar melalui nyanyian
· Membuat alat peraga untuk keperluan sekolah dengan bahan sederhana
· Permainan yang di buat dan di berikan pada anak yang bertujuan
untuk keterampilan
· Upacara hormat bendera yang dilakukan setiap pagi sebelum dimulai
sekolah
B.
Ragam Media Pembelajaran dan Pemilihan
Media PAUD
Ragam tentunya tidak akan digunakan seluruhnya secara serantak
dalam kegiatan pembelajaran, Untuk itu perludilakukan pemilihan media
tersebut.untuk membuat media pembelajaran,harus mempertimbangkan media
tersebut. Dalam kriteria untuk mempertimbangkan guru atau pendidik kaitanya dalam pemilihan media pembelejaran anak-anak.sesuai
dengan kasus I nyoman sudana degeng {1933;26-27} menyatakan bahwa ada beberapa
faktor yang harus dipertibangkan guru/pendidik dalam pemilihan media
pembelajaran, yaitu:1) tujuan intruksional; 2) efektifitas; 3) siswa.
Pembelajaran yang efektifitas memerlukan perencanaan yang baik. Media yangakan
digunakan dalam proses pembelajaran itu juga memerlukan perencanaan yang baik
pula. Meskipun demikian kenyataan dilapangan menunjukan bahwa seorang pendidik
memilih salah satu media dalam kegiatanya dikelas atas dasar pertimbangan
antara lain: (1. Ia sudah merasa akrab dengan media itu. 2) ia merasa media
yang dipilihnya bisa menggam barkan bisa lebih baik dari pada dirinya sendiri.
3)media yang dipilihnya dapat menrik minat dan perhatian siswa, serta
menuntunya pada penyajian yang lebih jelas dan dapat memper mudah siswa
terhadap apa yangdisampaikan oleh pendidik. Menurut Dick dan Cary (1985),
disamping kesesuaian dengan tujuan perilaku belajarnya, setidaknya masih ada
faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media antara lain: 1) keter
sidiaannya sumber setempat.artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat
pada sumber-sumber yang ada,maka harus dibeli atau dibuat sendiri. 2) apakah
untuk membeli atau membuat sendiri tersebut ada dana , tenaga dan fasilitas. 3)
faktor yang menyangkut kecocokan,kepraktisan dan ketahanan media yang
bersangkutanuntuk waktu yang lama. 4) efektifitas biayanya dalam jangka waktu
panjang. Faktor-faktor yang perlu disikapi dalam pemilihan media pembelajaran
adalah: a) komunikatif , b) harganya yang murah, c) nilai kepraktisanya dan d)
kondisi pemakaianya. Untuk memilih media secara efektif kozma(1978;342)
mengatakan bahwa pesan yang komunikatif harus diperhatikan. Dan romiszowski
(1988;57-58), menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam memilih media
pembelajaran yaitu: 1) motede pembelajaran yang digunakan; 2) tujuan
pembelajaran; 3)karakteristik pembelajaran; 4) aspek kepraktisanya (biaya dan
waktu); 5) faktor pemakaian. Media membagkitkan keinginan dan minat baru, media
membangkitkan motifasi dan merangsang peserta didik untuk belajar lebih optimal,
media memberikan pengalaman yang menyeluruh dari sesuatu yang kongkrit maupun
abstrak.media pembelajaran baik sebagai alat bantu pengajaran maupun sebagai
pendukung agar materi/ isi pelajaran semakin jelas dan dengan mudah dapat
dikuasai dari proses pembelajaran dikelas . untuk mendapatkan hasil belajar
yang maksimal seorang pendidik harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan
media, tidak ada suatu media yang terbaik untuk mencapai semua pembelajaran.
penggunaan media harus didasarkan pada tujuan pembelajaran yang hendak
dicapai.dalam proses pembelaran ada tiga komponen yang saling berhubungan
yaitu: 1) pembelajaran ( guru,instruktur dan tutor ) yang berfunsi sebagai
komunikator, 2) pembelajar ( siswa,kanak-kanak/ peserta didik) yang berperan
sebagai obyek penerima informasi. 3) bahan ajar yang merupakan pesan yang akan
disampaikan kepada peserta didik untuk dipelejari ( situmurang 2009) penggunaan
media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk dapat membantu mengatasi berbagai
hambatan dalam proses pembelaran termasuk hambatan psikologis, hambatan fisik,
hambatan kultural dan hambatan lingkungan. Secara umum media pembelajaran
mempunyai kegunaan diantaranya: 1) memperjelas penyajian pesan, 2) mengatasi
keter belakangan ruang, 3) mengatasi sifat pasif siswa. Dalam meningkatkan
kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran, kita tidak boleh melupakan
suatu hal yang sudah pasti kebenaranya, bahwa pembelajar haru
sebanyak-banyaknya berinteraksi pada sumber belajar ( buku, internet,yang
berhubungan dengan pengetahuan). Tanpa sumber belajar yang memadahi sulit
diharapkan suatu proses pembelajaran yang mengarah kepada tercapainya hasil
belajar yang optimal.[4]
Dengan demikian penggunaan media sebagai sumber belajar dalam kegiatan
pembelajaran mempunyai arti yang sangat penting. Media pembelajaran yang dapat
membangkitkan minat, perhatian, dan kreatifitas siswa hendaknya menggunakan
media yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siwa sehingga dapat
menotifasi semangat belajar. Aspek kemenarikan ini bisa dilakukan dengan
pemilihan materi dan desain penyajian media. Berdasarkan jenis diatas,
anak-anak yang duduk dibangku sekolah dimana kelak mereka akan terjun ke
masyarakat. Di era globalisasi ini menuntut sumber daya manusia kita untuk
untuk bersaing sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga siswa dalam usia ini
gemar membentuk klompok bermain usia sebaya. Dalam kurikulum tingkat satuan
pendidikan guru diberi kebebasan untuk memberikan informasi kepada peserta
didik, azhar arsyad mengungkapkan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam
proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru. Permainan
ular tangga vocucabulary for all simple words untuk meningkatkan pembendaharaan
kata bahasa inggris siswa kelas 2 SD yang dapat digunakan pada situasi
pembelajaran yang sebenarnya. Model pengembangan media yang digunakan adalah
model pangembangan edukatitif yang berupa permainan. Permainan yang dapat dimodifikasikan
dengan menambahkan gambar atau tulisan namun tetap menyajikan materi-materi
pembelajaran didalamnya serta mudah dimainkan oleh peserta didik/ siswa
kana-kanak baik secara individu maupun secera klompok kemampuan berkomukasi
seseorang secara tulis maupun lisan. Bahasa inggris merupakan salah satu
pelajaran bahasa asing yang telah diajarkan disekolah. Sebagai bahasa
internasinal, aspek kemenarikan ini dapat dilakukan dengan menerapkan teknik
belajar sambil bermain. Sesuai dengan latar belakang yang talah diuraikan
diatas, maka tujaun pengembangan ini adalah untuk memperoleh mediapembelajaran
berupa permainan ular tangga. Misalnya alat permainan yang akan dibuat adalah
untuk mengembangkan ketrampilan berhitung, maka alat permainan yang didesain
harus terfokus pada angka. Kebutuhan anak akan bermain pada dasarnya sama, baik
dikota maupun didesa. Yang berbeda adalah
bentuk dan jenis, frekuensi serta
area bermainya.dikalangan pendidikan anak-anak usia dini itu direspon dengan
banyaknya lembaga pendidikan yang bermunculan. Lembaga-lembaga tersebut pada
dasarnya dimaksudkan untuk memberikan ruang dan waktu kepada anak usia dini dan
arti pentingnya bermain bagi anak-anak dalam tinjauan akademis lembaga
pendidikan (PAUD) barmain merupakan setiap kegiatan untuk kesenangan yang
ditimbulkanya.tanpa mempertimbangkan hasil ahirnya bermain dilakukan secara
sukarela tanpa adanya suatu paksaan. Pengaruh bermain dalam perkembangan ank
diantaranya: 1) fisik bermain aktif penting
bagi anak untuk mengembangkan otot dan melatih seluruh bagian tubuhnya. Bermain
juga berfungsi sebagai penyaluran tenaga yang berlebihan bila terpendam terus
akan membuat anak tegang, gelisah mudah tersinggung. 2) dorongan berkomunikasi
agar dapat bermain lebih baik bersama yang lain anak harus belajar
berkomunikasi dalam arti meraka dapat mengerti dan sebaliknya mereka harus
mengerti terhadap apa yang disampaikan oleh anak lain. 3) penyaluran bagi
energi emosional yang terpendam untuk bermain. Pemilihan alat permainan
edukatif (APE) didesain untuk kepentingan pendidikan . yaitu upaya
mengoptimalkan potensi kemanusiaan peserta didik.karena itu kita tidak boleh
memilih alat permainan edukati secara sembarangan dan pada ahirnya hal ini
justru dapat kontraproduktif dengan tujuan pendidikan itu sendiri terkait
dengan hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bahan dan
peralatan belajar untuk bermain anak diantaranya: ditunjukan untuk anak usia
dini, dapat berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Alat permainan
edukatif harus dirancang sesuai dengan
rentang usia anak usia dini. Contohnya: puzzli yang dibuat sesuai dengan usia
anak. Aspek-aspek yang dikembangkan adalah aspek fisik motorik,(halus dan kasar)
emosi,sosial,bahasa,kognitif dan moral dapat digunakan dengan berbagai cara.
Alat permainan edukatif dirancang dengan memperhatikan tingkat keamanan dan
keselamatan anak misalnya dalam penggunaan cat. Yangndimana cat yang digunakan
tidak mengandung racun dan tidak mudah mengelupas. Jika menggunakan sudut
mainan tidak runcing melainkan tumpul agar tidak membahayakan anak.
Anak-anak dipenuhi
pertanyaan-pertanyaan contohnya: bagaimana saya bisa membuat kreta apai dari
kotak-kotak ini? Bagaimana saya bisa memperoleh kepingan-kepingan teka teki ini
diruang terbuka? Anak-anak memerlukankesempatan-kesempatan untuk menyelidiki
lingkungan mereka dan memiliki kebebasan untuk mengajukan pertanyaanpertanyaan
tersebut.para guru adalah bagian terpenting dari proses pemecahan masalah. Para
guru bisa merangsang rasa ingin tahu anak-anak dan memberi kemungkinan kepada
mereka untuk memecahkan masalah-masalahsecara aktif. Para guru harus rela
membiarkan pertanyaan-pertanyaan anak untuk menuntun mereka kedalam
kegiatan-kegiatan atau proyek-proyek yang tidak selalu direncanakan.melihat
semua sepatu bot berjejer di ruang masuk jono bertanya kaki siapa yang paling
besar dikelas ini seorang pendidik seharusnya bisa dikatakan itu pertanyaan
yang bagus dan kemudian mengtakan kepada jono ia bisa memecahkan itu dengan
melihat-lihat sepatu bot itu. Untuk itu karena anak-anak tertarik, ia
membimbing mereka melalui proses pemecahan masalah. Pertama,ia bertanya kepada
anak-anak bagaimana mereka bisa mengetahui ini. Tommy bilang bahwa mereka bisa
melihat kaki.
Jono bilang bahwa mereka menderetkan sepatu itu
dan mencari tau kaki siapa yang lebih besar dan siapa yang pnya paling
kecil.kelas bekerja sama memecahkan masalah ini. Seorang pendidik mendorong
anak-ank untuk mengajukan pertanyaan dan berfikir tentang cara-cara
mengembangkan pemecahan-pemecahan terhadap masalah mereka. [5]
C.
Prinsip- Prinsip Pembuatan, Penggunaan dan Pengembangan Media PAUD
Pengembangan media audio interakitif bagi siswa tunanetra sangat
penting disamping siswa dapat memahami apa yang telah guru atau pendidik
sampaikan siswa juga dapat meningkatkan ketrampilan berkomunikasi dan sebagai
media pembelajaran sehingga dapat mempermudah menyampaikan materi. Salah satu
materi pokok mata pelajaran sains adalah bagian tubuh hewan beserta kegunaannya
yang dilakukan melalui pengamatan. Namun pada siswa tunanetra kegiatan itu
sulit dilakukan karena keterbtasan yang dimiliki. Proses pembelajaran akan
menjadi membosankan jika pendidik hanya menyampaikan pemaparan fakta mengenai
materi tersebut didepan kelas dan juga akan menyebabkan verbalisme. Maka dengan
menggunakan medie audio dapat menjadi alternatif terhadap pemecahan masalah
diatas. Dan tujuan pengembangan ini adalah mampu menghasilkan suatu produk
berupa media audio interaktif untuk menghasilkan hasil belajar yang efektif
yaitu siswa tunanetra dapat meningkatkan komunikasi secara baik dan memahami
materi yang diajarkan pada media audio interaktif.
Pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan
komunikasi dalam program pendidikan anak usia dini haruslah terjadi pemenuhan
berbagai macam kebutuhan anak, mulai dari kesehatan,nutrisi,dan stimulasi
pendidikan, juga harus dapat meberdayakan lingkungan masysarakat dimana anak
itu tinggal. Prinsip pelaksanaan program pendidikan anak usia dini harus
mengacu pada prinsip umum yang mengandung dalam konfensi hak anak,yaitu:
1.
Nondiskriminasi,di
mana semua anak dapat mengecap pendidikan usia dinitanpa membedakan suku
bangsa, jenis kelamin,bahasa,agama,tingkat sosial,serta kebutuhan khusus setiap
anak.
2.
Dilakukan
demi kebaikan terbaik untuk anak ( the best intenrest of the child), bentuk
pengajaran, kurikulum,yang diberikan harus disesuaikan dengan tingkat
perkembangan kogniti, emosional, konteks sosial budaya dimana anak-anak hidup.
3.
Mengakui
adanya hak hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan yang sudah melekat pada
anak.
4.
Penghargaan
terhadap pendapt anak ( respect for the views of the child), pendapat anak
terutama yang mana menyangkut kehidupanya perlu mendapatkan perhatian dan
tanggapan.
Prinsip pembuatan pendidikan anak usia dini harus sejalan dengan
prinsip peleksanaan keseluruhan proses pendidikan seperti yang dikemukakan oleh
Damanhuri rosadi delapan prinsip tersebut diantaranya sebagai berikut:
a) Pengembanagan diri, pribadi,karakter,serta kemampuan belajar anak diselenggarakan secara tepat,terarah,cepat berkesinambungan
b) Pendidikan dan pengembangan anak mencakup upaya meningkatkan sifat mampu mengembangkan diri dalam anak.
c) Pemantapan diri yang dihayati oleh anak sesuai sistem dalam masyarakat.
d) Pendidikan anak adalah usaha sadar, ysaha yang menyeluruh, terarh,terpadu dan dilaksanakan secara dan saling menguatkan oleh semua pihak yang terpanggil.
e) Pendidikan anak adalah suatu upaya yang berdasarkan kesepakatan sosial seluruh lapisan dan golongan masyarakat.
f) Anak mempunyai kedudukan sentraldalam pembangunan, dimana PAUD memiliki makna setrategis dalam pembangunan sumberdaya manusia.
g) Orang tua dalam keteladanan adalah pelaku utama dan pertama komunikasi dalam PAUD.
h) Program PAUD harus melingkupi inisiatif berbasis orang tua, berbasis masyarakat,dan institusi formal sekolah.[6]
Dengan demikian
ada beberapa prinsip umum tentang pendidikan anak usia dini. Anak adalah
individu yang unik tugas pendidik, baik tutor maupun orang tua adalah memberi
pengarahan yang positif bagi perkembangan anak, memberi peluang untuk berubah,
dan bukan mematikan dengan memberi cap negatif pada anak. Perkembangan anak
berkembang secara bertahap dan berkesinambungan. Usia anak merupakan masa
kritis. Semua aspek perkembanganya saling berhubungan.bakat dan lingkungan
saling mempengaruhi perkembangan anak. Perilaku anak tergantung pada motifasi
atau stimulan dari dalam dan luar dirinya. Perkembangan intelegensi juga
bergantung pada pola pengasuhan. Perkembangan anak tetgantung pada hubungan
antara pribadi, kesempatan mengekspresikan diri dan bimbingan pada tiap tahap
perkembangan anak.berdasarkan uraian diatas keluarga adalah tempat yang sangat
penting bagi pelaksanaan pendidikan anak usia dini,sebab keluarga merupakan
pendidikan yang utama dan pertama bagi anak dalam rangka mengembangkan potensi
yang dimiliki. Setiap anak pada dasarnya memiliki komunikasi dengan orang lain
dan potensi lainya, sehingga untuk mengembangkan potensi tersebut harus
diperlukanbimbingan dari orang tua, pendidik atau orang dewasa lainya supaya
memperoleh hasil maksimal dan positif, pengembangan potensi tersebut harus
dimulai sejak usia dini, sebab pada usia tersebut merupakan dasar untk
perkenbangan berfikir pada masa berikutnya.
[1]Azar Arsyad, Media
pembelajaran, PT.Raja Brafindo persada,Jakarta,2003,ha.1-2
[3]Danar santi Pendidikan
anak usia dini,PT. Matana jaya cemerlang,th 2009.1-3
[4]
http//www.unesa.ac.id
[5] Carool
Seefeldt, Pendidikan anak usia dini, PT macanan jaya cemerlang,
Jakarta,2008,hal,414-416
[6]
Mansur Pendidikan
anak usia dini dalam Islam ,pustaka pelajar, yogyakarta 2009,hal,100-103
maksih ya atas ilmunya..,saya harap pembAhasana mengenI MEDIA paud LEBIH MENDALAMA LAGI UNTUK TULISANNYA UNTUK AKAN DATANG....
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThank You
ReplyDeletePembelajaran yang menarik menjadikan kolase menjadi media pembelajaran yang kreatif
ReplyDeletetekirdağ
ReplyDeletetokat
elazığ
adıyaman
çankırı
X01L
whatsapp görüntülü show
ReplyDeleteücretli.show
3HPQC
ankara parça eşya taşıma
ReplyDeletetakipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
MP3İR
tekirdağ evden eve nakliyat
ReplyDeleteşırnak evden eve nakliyat
bitlis evden eve nakliyat
aksaray evden eve nakliyat
karaman evden eve nakliyat
160
EF2FE
ReplyDeleteManisa Parça Eşya Taşıma
Iğdır Şehir İçi Nakliyat
Bibox Güvenilir mi
Afyon Şehirler Arası Nakliyat
Eskişehir Şehir İçi Nakliyat
Ordu Parça Eşya Taşıma
Kırıkkale Parça Eşya Taşıma
Yozgat Şehirler Arası Nakliyat
Bartın Lojistik
FE7B2
ReplyDeleteGiresun Şehir İçi Nakliyat
Hatay Şehirler Arası Nakliyat
Hatay Lojistik
Kripto Para Nedir
Osmaniye Parça Eşya Taşıma
Mardin Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Asma Tavan
Kars Şehir İçi Nakliyat
Nevşehir Parça Eşya Taşıma
3C522
ReplyDeleteİstanbul Evden Eve Nakliyat
Adana Şehir İçi Nakliyat
Ünye Oto Boya
Giresun Şehirler Arası Nakliyat
Kocaeli Şehirler Arası Nakliyat
Diyarbakır Lojistik
Ankara Parke Ustası
Giresun Evden Eve Nakliyat
Manisa Parça Eşya Taşıma
F371F
ReplyDeleteÜnye Oto Lastik
Silivri Fayans Ustası
Burdur Evden Eve Nakliyat
Caw Coin Hangi Borsada
Bartın Evden Eve Nakliyat
Kars Şehirler Arası Nakliyat
Urfa Lojistik
Balıkesir Lojistik
Diyarbakır Evden Eve Nakliyat
E0DE2
ReplyDeleteEskişehir Lojistik
Şırnak Lojistik
Bilecik Evden Eve Nakliyat
Antalya Şehir İçi Nakliyat
Antalya Şehirler Arası Nakliyat
Batman Şehirler Arası Nakliyat
Sinop Lojistik
Ünye Mutfak Dolabı
Bolu Evden Eve Nakliyat
A27A5
ReplyDeleteçankırı yabancı görüntülü sohbet siteleri
karabük bedava sohbet odaları
tekirdağ rastgele sohbet odaları
rastgele sohbet
muğla canlı sohbet uygulamaları
mersin rastgele sohbet
antep sesli sohbet siteler
edirne kadınlarla görüntülü sohbet
balıkesir canli sohbet bedava
703A0
ReplyDeletezonguldak sesli görüntülü sohbet
gümüşhane canli sohbet chat
bolu mobil sohbet et
balıkesir sesli görüntülü sohbet
gümüşhane ücretsiz sohbet uygulaması
sesli sohbet sesli chat
sinop canli sohbet chat
edirne yabancı canlı sohbet
maraş canlı sohbet ücretsiz
E8E16
ReplyDeleteHatay Mobil Sohbet
mersin sohbet
yalova mobil sohbet chat
ücretsiz sohbet
Adana Sohbet
tekirdağ görüntülü sohbet canlı
Kayseri Sohbet Chat
görüntülü sohbet sitesi
erzincan görüntülü canlı sohbet
85787
ReplyDeletesivas ucretsiz sohbet
canlı sohbet ücretsiz
tunceli rastgele canlı sohbet
burdur en iyi ücretsiz sohbet uygulamaları
canli goruntulu sohbet siteleri
isparta sesli sohbet sesli chat
aksaray sesli sohbet uygulamaları
yalova telefonda rastgele sohbet
çorum telefonda kadınlarla sohbet
D786F
ReplyDeletemalatya görüntülü sohbet canlı
canlı sohbet siteleri ücretsiz
Urfa Bedava Sohbet Odaları
kızlarla canlı sohbet
bartın en iyi ücretsiz sohbet uygulamaları
sesli sohbet mobil
artvin en iyi rastgele görüntülü sohbet
Karaman Görüntülü Sohbet Kadınlarla
Amasya Canlı Sohbet Odaları
EF4FB
ReplyDeleteKripto Para Nasıl Kazılır
Kaspa Coin Hangi Borsada
Tiktok Beğeni Hilesi
Tumblr Beğeni Satın Al
Raca Coin Hangi Borsada
Binance Madenciliği Nedir
Binance Yaş Sınırı
Sonm Coin Hangi Borsada
Binance Hesap Açma
B4A23
ReplyDeletesatoshivm
uniswap
dappradar
shapeshift
uwulend finance
quickswap
pudgy penguins
zkswap
pancakeswap
118A6
ReplyDeletepancakeswap
avalaunch
satoshivm
dexscreener
debank
bscpad
shapeshift
dappradar
yearn finance
شركة مكافحة النمل الابيض بابها XxnjPPvEUn
ReplyDelete