Headlines News :
Home » » HUKUM MEMAKAI TATO DAN SEJENISNYA DALAM ISLAM

HUKUM MEMAKAI TATO DAN SEJENISNYA DALAM ISLAM

Written By Ahmad Multazam on Monday, January 21, 2013 | 3:48 PM

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

I. PENDAHULUAN

Saat ini banyak umat muslim yang mulai tergoda untuk bertato. mereka mengganggap hal ini adalah seni, sungguh disayangkan, remaja muslim Indonesia baik pria maupun wanita mulai menganggap hal ini adalah perbuatan seni dan hak asasi manusia. Tidak tahukah kita bahwa Tubuh kita ini adalah Hak Milik Allah? kelak kita akan mempertanggung jawabkan semua perbuatan kita kepada titipan Allah di akhirat nanti. padahal hal tersebut merupakan hal yang dilaknat oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Begitu kurangkah pengetahuan agama masyarakat muslim? sehingga masalah seperti ini menjadi trend positif bagi masyarakat muslim. Untuk itu disini akan kami sajikan pembahasan mengenai hukum bertato dan sejenisnya, Semoga kita bisa menjaga keluarga, anak dan orang-orang yang kita sayangi dari hal yang dilaknat Allah SWT.

II. RUMUSAN MASALAH

     A.Bagaimanakah hukum bertato dalam Islam ?

III.LANDASAN HUKUM


       A. Al-Qur’an

وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذَانَ اْلأَنْعَامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللهِ وَمَنْ يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِنْ دُوْنِ اللهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُبِيْنًا
“Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. (An-Nisa`: 119)

       B.Hadits


Menurut hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim (muttafaq alaih):
لعن الله الواشمات والموتشمات ، والمتنمصات ، والمتفلجات للحسن ، المغيرات خلق الله
Artinya: Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya, melakukan tato di wajahnya (mutawasshimah), menghilangkan rambut dari wajahnya, menyambung giginya, demi kecantikan, mereka telah merubah ciptaan Allah.

IV.  PEMBAHASAN

Bertato yang dalam Bahasa Arab disebut al wasym ( الوشم ) adalah perbuatan yang hukumnya haram dalam agama Islam, berdasarkan beberapa hadits shahih, yang diantaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim dari Abdullah ibnu Mas’ud,
لعن الله الواشمات و المستوشمات
“Allah melaknat wanita-wanita yang menato dan meminta untuk ditato”

Tatto adalah menusuk-nusukkan jarum atau yang sejenisnya kepada kulit sehingga mengalirkan darah kemudian diberikan alkohol atau yang sejenisnya sehingga menjadi biru. Tato ini biasa dilakukan di tangan, wajah, badan bahkan kaki dan juga di bagian tubuh lainnya. Melakukan tato pada kulit adalah perbuatan yang diharamkan Allah swt, sebagaimana disebutkan didalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Alqomah bahwasanya Rasulullah saw bersabda, ”Allah melaknat orang-orang yang mentato dan yang minta untuk ditato.” (HR. Bukhori)

Hal itu dikarenakan bahwa tato termasuk perbuatan yang merubah ciptaan Allah swt serta menjadikan ditempat tato itu najis dengan membekunya darah dikarenakan warna bahan tato itu.

- Menurut pandangan para ulama :

  • Ibnu Hajar rahimahullahu mengatakan:
"Membuat tato haram berdasarkan adanya laknat dalam hadits, maka wajib menghilangkannya jika memungkinkan walaupun dengan melukainya. Kecuali jika takut binasa, (tertimpa) sesuatu, atau kehilangan manfaat dari anggota badannya maka boleh membiarkannya dan cukup dengan bertaubat untuk menggugurkan dosa. Dan dalam hal ini sama saja antara laki-laki dan wanita."
  • Fatwa Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-'Abbad
عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ: لَعَنَ اللهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللهِ تَعَالَى، مَالِي لاَ أَلْعَنُ مَنْ لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي كِتَابِ اللهِ: {وَمَا آتَاكُمْ الرَّسُوْلُ فَخُذُوْهُ
Disini diterangkan bahwa melaknati perempuan-perempuan yang mentato dan yang minta ditato, yang mencabut atau mencukur rambut (alis), dan yang mengikir giginya untuk memperindah. Yaitu perempuan-perempuan yang mengubah ciptaan Allah.
Beliau mengatakan: "Tato itu haram dan bertambah keharamannya ketika seseorang menggambar sesuatu yang haram seperti hewan-hewan. Barang siapa melakukannya lalu tahu hukumnya hendaknya beristighfar kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan jika bisa menghilangkannya tanpa menimbulkan mudarat maka semestinya itu dihilangkan".


V. ANALISIS

    Berdasarkan penjelasan mengenai tato dan hadist diatas, maka jelaslah bahwasanya Allah SWT, melalui Rasulnya Muhammad SAW, telah melarang setiap muslim (orang Islam) untuk menyambung rambut, merenggangkan gigi termasuk mengikir atau memotong gigi serta membuat tato (rajah) di bagian tubuh manapun, karena perbuatan seperti ini termasuk perbuatan yang menyakiti diri sendiri, merubah apa yang Allah karuniakan kepada kita dan termasuk tidak mensyukuri apa yang Allah telah berikan dan amanahkan kepada kita.
Share this article :

240 comments:

  1. Kalo sudah terlanjur di tato gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Membuat tato haram berdasarkan adanya laknat dalam hadits, maka wajib menghilangkannya jika memungkinkan walaupun dengan melukainya. Kecuali jika takut binasa, (tertimpa) sesuatu, atau kehilangan manfaat dari anggota badannya maka boleh membiarkannya dan cukup dengan bertaubat untuk menggugurkan dosa. Dan dalam hal ini sama saja antara laki-laki dan wanita." .... klo memungkinkan ya di hapus,klo misalkan akan menyebabkan sesuatu yg buruk pada tubuh yg ditatto maka biarkan saja.

      Delete
    2. Kadang saya merasa heran dengan yg komen tatto itu seni dan ada pula yg menyangkut pautkan dengan suku dayak.
      Maaf sebelumnya bapak/ibu. Islam itu adalah agama yg sempurna pernyempurna agama2 sebelumnya....dan sudah jelas hadist mengatakan allah swt yg menciptakan manusia dengan sempurna dengan pemikiran cerdas.dan allah swt melarang dan meng haramkan apa yg di lakukan manusia itu di luar jalan dan perintah allah swt. Sesungguhnya hanya allah swt telah menyiapkan tempat di neraka jahanam bagi manusia yg melanggar dan tidak melaksanakan perintah allah swt dan aturan yg di sampaikan nabi muhammad saw. Bukankah hadist sudah menjelaskan.tidak kah engkau menyadari bahwa tiada tuhan selain allah swt.dan hanya allah swt lah yg wajib engkau sembah.dan muhammad saw adalah utusNYA... Dan islam telahpun sempurna ketika nabi muhammad saw wafat.
      Dan kita sebagai muslim pengikut nabi muhammad saw. Seakan lupa kepada perintah allah swt dan ajaran nabi muhammad saw pun tidak pernah di lakukan. Dan kenapa kalian bersikeras berpikir pakai logika tanpa memikirkan apakah ucapan itu benar atau salah. Sudah tau islam mengharamkan kenapa masih melakukannya.
      Maaf buat yang komentar mengenai tatto dayak di bawah.
      Indonesia ini adalah pemeluk agama islam terbesar di dunia.
      Dan di dalamnya pun terdapat berbagai suku dan bangsa.salah satu nya dayak. Memang benar suku dayak itu punya tradisi tatto.tpi tidak semua. Mereka menatto itu sudah turun menurun dari nenek moyang mereka bahkan sebelum islam masuk ke indonesia adat dayak menatto itu sudah ada. Krna mereka melakukan nya menurut keyakinan mereka sendiri.dan seiring berkembang nya zaman masuk nya islam ke indonesia. Satu persatu suku dayak yang masuk memeluk agama islam meninggalkan tradisi tatto itu. Namun tidak bagi mereka yg tetap mengikuti jejak nenek moyangnya. Dan walaupun mereka suku dayak baik yang muslim/non muslim tidak pernah berselisih paham walau mereka punya keyakinan yg berbeda. Dan bahkan sampai sekarangpun mereka hidup berdampingan saling menghargai satu sama lain.dan tetap melakukan tradisi adat mereka yang lain nya.dan kenapa kita harus membandingkan dan secara tidak sengaja memojok kan salah satu pihak.yang mereka tidak mempersalahkan apa yg mereka lakukan....... Bahkan islam mengajar kan untuk hidup berdampingan baik kita yang muslim atau mereka yg tidak muslim..... Maaf sebelum nya jika ada perkataan saya yg menyinggung bapak/ibu semua.


      (Assalam mu'alaikum?

      Delete
  2. di tulisan ahmad menulis “Allah melaknat wanita-wanita yang menato dan meminta untuk ditato ”.[2]

    kemudian ada juga tulisan => ”Allah melaknat orang-orang yang mentato dan yang minta untuk ditato.” (HR. Bukhori)

    jadi yang diharamkan ini wanita saja? atau bagamana sebenarnya hadis ini? adakah dalil lain yang melarang tatoo ini thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu dizaman jahiliyah yg bertato adalah perempuan/ wanita , laki2 tidak maka lebih ditekankan kepada wanita, namun sejatinya adalah untuk semua umat baik laki2 maupun wanita,,,

      alasannya ; karena perbuatan seperti ini termasuk perbuatan yang menyakiti diri sendiri, merubah apa yang Allah karuniakan kepada kita dan termasuk tidak mensyukuri apa yang Allah telah berikan dan amanahkan kepada diri kita baik laki- laki ataupun wanita ,

      Wallahu'alam

      Delete
    2. Oon amat jadi orang, nanya "hadist buat laki-lakinya mana ?" dan "jadi yang diharamkan ini wanita saja?".
      Jelas-jelas ditulis ”Allah melaknat orang-orang yang mentato dan yang minta untuk ditato.” (HR. Bukhori). Berarti ya wanita dan laki-laki, kecuali bukan orang.

      Delete
    3. Tatto itu merupakan Seni, Bukan merubah apa yang Allah karuniakan kepada kita dan termasuk tidak mensyukuri apa yang Allah telah berikan dan amanahkan kepada diri kita baik laki- laki ataupun wanita ,

      Delete
    4. Eqqa collousa
      Memang seni,tapi klo udah ada di badan itu namanya udah merubah ciptaan Allah, kenapa?
      Bagian badan yg di tatto itu ga bisa menyerap air wudu,gimana sholat nya mau di terima klo wudu aja jadi ga bisa??
      Klo ga percaya coba kamu cek lab sama kulit yg di tato..

      Trus tatto itu najis, kenapa najis? Karena mengandung darah, orang yg berdarah ga sah solatnya, yg di tatto mau sholat gimana ada darah kering yg kamu bilang jadi gambar seni itu..

      Kalo nabi udah nyuruh ga boleh ya ga boleh pasti ada alesan sama manfaatnya koq buat kita, kamu kalo ga suka perintah Allah sama rasul ya ga apa2 ga ada yg ngelarang, jadi jangan nyari2 alesan atau celah yg udah ditegaskan sama Agama.. Nih kamu tuh termasuk golongan di surat ini :

      Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah
      (QS. Al Kahfi, 54)

      Delete
    5. TintaTatto itu dibawah kulit, ya g mungkinlah air wudhu tdk membasahi kulit.

      Coba lampirkan ayat yg mengharamkan tatto! Emangnya Haram itu ditentukan oleh siapa?

      Apakah Sunatan atau Genetical mutilation juga termasuk merubah ciptaan Allah, tak sedikit saya perhatikan ada yg histeris kesakitan ktk yg disunat, apalagi bg yg wanita.

      Allah telah menganurehi kita dengan kecerdasan berpikir, apakah kecerdasan itu diciptakan untuk dilaknat bila atas kuasaNya juga tattoo itu ada?

      Bgm anda menyikapi?

      Delete
    6. @I Made Budhy : Sunat memiliki manfaat dalam segi kesehatan (tidak hanya muslim, non muslim pun dianjurkan untuk khitan). Tatto tidak memberikan manfaat sama sekali. Kalo mau main logika... begini logikanya... kita bikin meja kayu pasti ga mau ada orang mencorat coret meja kita/mengotorinya. begitu pun Allah, menciptakan tubuh manusia lebih sempurna dari makhluk lain, kulit tanpa luka dan noda... lalu dengan SENGAJA kita mencorat coret ciptaan Allah. Sukakah kamu kalo ada yg dengan sengaja mengotori meja kamu?

      Allah tidak menciptakan Tatto, tapi Allah menciptakan manusia dengan kecerdasan berfikir... berfikir mana yang baik dan mana yg buruk :) wallahualam....

      Delete
    7. yang nyorat nyoret kan kita sendiri yg punya meja kayunya.. nah gmn tuh analoginya?

      Delete
    8. Fendy m syaputra. Itu kulit punya allah. Km hanya di suruh jaga bukan ngrusaknya/nyoret2. Udh bagus di suruh jaga kulit. Coba di suruh jaga bulu. Kn gk lucu juga.

      Delete
    9. Fendy m syaputra. Itu kulit punya allah. Km hanya di suruh jaga bukan ngrusaknya/nyoret2. Udh bagus di suruh jaga kulit. Coba di suruh jaga bulu. Kn gk lucu juga.

      Delete
    10. Tolong komentar yg pintar, kalo bisa dengan dasar hukum, tolong nanya yg cerdas! Jangan pandanh agama hanya dari segi logika, seni bisa d tempat lain. Jgn pikir seni bisa dimana saja seperti buanh air seni. Kalo dilaknat karena bertato ya haram namanya, jgn lagi sok bermain logika dengan Hukum Tuhan yang Maha Logika

      Delete
    11. Kak ditulisan kakak kok ada "orang-orang yang mentato dan minta untuk ditatto" pas aku liat HR. Bukhari kok beda ya? Aku nemunya gini

      لَعَنَ اللهُ الْواَصِلَةَ وَاْلمُسْتــَوْصِلَةِ وَالْوَاشِمَةِ وَاْلمُسْتَوْشِمَةِ – رواه البخاري عن أبي هريرة وابن عمر-

      “Allah melaknat perempuan yang menyambung rambut dan yang meminta disambung (rambut), juga melaknat perempuan yang membuat tato dan yang meminta ditato.” (HR. Bukhari)

      Hati hati kak kalo nulis. Hehe
      Trus aku tanya, di daerah kalimantan kalo ga salah ada adat tradisi tatto, itu gimana?
      Trus kalo dari hadist diatas ga ada larangan buat laki laki.

      Kalo misal larangannya untuk perempuan,disamakan untuk laki laki, trus gimana untuk hadits kalo ga salah "laki laki tidak boleh menyerupai perempuan" maupun sebaliknya. Dari hadits itu berarti kan hukumnya laki laki sama perempuan juga di bedakan. Makasih

      Delete
    12. Kalo dibilang tatto itu gabisa menyerap air wudu, kalo tatto nya di bagian yg ga dipake wudu misalnya di punggung atau dada gimana ?

      Delete
    13. Kalo dibilang tatto itu gabisa menyerap air wudu, kalo tatto nya di bagian yg ga dipake wudu misalnya di punggung atau dada gimana ?

      Delete
    14. Perumpamaan kok meja kayu, meja kayu kadang perlu di ukir dan di lukis biar indah di pandang...tattoo sepertinya tdk merubah lebih kepada memperindah, tergantung individunya sih, klo merasa takut sakit mending nggak usah tattoo

      Delete
    15. Achmad fajar : Bagian badan yg di tatto itu ga bisa menyerap air wudu,gimana sholat nya mau di terima klo wudu aja jadi ga bisa??
      Klo ga percaya coba kamu cek lab sama kulit yg di tato..

      ITU SALAH BESAR karna masalah uji lab saya sudah meneliti hasilnya kulit yang di tato bisa mengeluarkan keringat dan bisa meresap air.. itu KEBENARAN

      Namun kesalah besar adalah Tato sama saja dengan merusak, menyakiti,merubah yang di ciptakan ALLAH swt dan hukumnya haram. Dan bagi yang sunguh2 bertaubat akan di terima oleh ALLAH swt. ALLAH maha pengampun, islam itu tidak mempersulit, islam itu indah bila kita betul mengenal lebih dalam..

      Delete
    16. Haha..bacot Tato dgn alasn seni itu 100% bullshit,,yg benr adlah 100% buat pamer (ria) selebihnya buat sok2 an. Orang islam yg pake tato trus nanya "gimana hukumnya bila sdh teranjur?" Gak usah dijawab dg dalil agama!jawab aja tai loe!krn serendah2nya iman seorg muslim sebenernya sdh tau larang2an dn anjuran standar agama islam..jd gak tau nya gak tau diri aj itu mah. Ingat islm itu memberi kemudahan dlm urusan amaliahnya cuma kt nya aja yg mempersulit. jangan menawar2 dlm ajaranNya (emang jual beli sayuran?!!) kalo pingin selamat dunia akhirat kt hrs patuh dgn ajaranya. Gt aj kok repot!

      Delete
    17. terserah kata kalian mau seni mau keren mau gaul jg lah, tp yang jelas menato itu menghalangi kita dari mandi besar dan wudu. klo gak ngerti loe pada ngaji aja biar emak ama bapak loe gak sedih liat anak2 kaya loe

      Delete
    18. Kenapa umat Islam sendiri selaku pemeluk ajaran Nabi Muhammad malah ngeyel?
      Ada yg bilang "gapapa tattoan asal akhlaknya baik". NGACO, sama aja kyk "gapapa ga shalat asal akhlaknya baik".
      Untuk urusan tatto di laki2 atau perempuan dan dalilnya, udah tau zaman dulu yg tatoan cuma cewe2. Masih aja nanya. Yg namanya haram ya haram.
      Untuk urusan dayak kalimantan, emang mereka suku muslim? Pake dibawa2.
      Ane ga ngejudge amal ibadah atau orang yg bertatto, itu semua kembali ke Allah.
      Yg ane permasalahin, kenapa coba, udah jelas2 diperintahkan tidak bertato. Baik di hadis shahih, bahkan ada di alkitab yg notabene ajaran agama lain. Tapi umat Islam masih ajaa ngeyel. Batu.
      Udah sih terima aja larangan dan perintah Allah. Ngapain ngeyel ngeyel dan ngajak ribut

      Delete
    19. Tolong anda komen jngn brdsrkn nafsu dan pengetahuan sejengkal anda..! Apa mksud anda dengan "emang mereka suku muslim?" seolah2 kami tidak ada yg muslim disini! Anda jngn menyertakan suku kalo tidak tahu apa2..!! Kami suku dayak beragama muslim..!

      Delete
    20. Biarin aja broo mereka yang mau tato tatoan itu urusannya sama Allah.. Ntar juga nyesel dan tau kebenarannya pas di akhirat nanti..

      Delete
    21. Udah Bang jangan hiraukan org2 Kafir, yg selalu membantah Hadist sahih dan tdk memahaminya... di jelasin malah ngeyel, biarkan mereka org2 Kafir menafsirkannya sendiri, biarkan mereka dengan kesenangannya sendiri... Allohu Akbar

      Delete
  3. kalo tato nggak permanent misalnya kaya cuma tahan 1 bulan,masa nggak boleh juga?
    :p

    ReplyDelete
  4. Boleh klu 1-5bln bhkn ada jg yg smpe 1thn. cuma hrga'y bkin'y lmyn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sebelum 1 - 5 bulan anda keburu di panggil Allah ?? anda belum tobat gimana? tatto itu najis selama ada tatto selama itu pula ada najis ,,,, otomatis sholat gak sah ,,, lah kalo sholat aja engga sah n najis terus sebelum di panggil sampai di panggil Allah ,,,, mau ente masuk neraka ???? secara logika
      inget sob apapun yang menghalagi tubuh kita jadinya najis

      Delete
    2. Betul betul betul

      Delete
    3. Yang haram dari tato adalah membuatnya. Sedangkan anggapan bahwa orang yang punya tato tidak diterima ibadahnya lantaran tato itu menutupi kulit dari terkena air wudhu', sebenarnya tidak demikian.

      Sebab kalau kita cermati yang terjadi pada tato, tidak ada lapisan yang menghalangi kulit dari terkena basah air. Sebab tinta tato itu bukan merupakan selaput yang menutup kulit, melainkan tinta yang masuk ke dalam bagian dalam kulit. Sehingga tidak terjadi proses pelapisan atau penutupan kulit dari terkena air wudhu. Termasuk juga air untuk mandi janabah.

      Delete
    4. Emang Tatto itu Operasi Plastik ? sampai" ada yang Comment "merubah apa yang Allah karuniakan kepada kita dan termasuk tidak mensyukuri apa yang Allah telah berikan dan amanahkan kepada diri kita baik laki- laki ataupun wanita"

      Delete
    5. Eqqa collousa

      Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah
      (QS. Al Kahfi, 54)

      Delete
    6. Dalilnya mana yg menyebutkan tato itu haram???!!

      Delete
    7. Tatoo temporerkan ga permanent jadi menurut gw sah2 aja kalo dibawa sholat, toh juga ga najis kan. Yang menimbulkan najis kan darah yang membeku.

      Delete
    8. nih dalilnya lu baca sendiri nih di alkitab:Imamat 19:28, yang mengatakan, ”Jangan membuat tanda tato pada dirimu.”
      kalo gak punya alkitab mending lu ketik di internet Imamat 19:28

      Delete
    9. Tatto menggunakan alkohol, dan alkohol itu ?

      Delete
  5. ya kalau pakai tato, ya nggak usah sholat dulu. nunggu tatonya sampai hilang. tapi kalau mau tato yang cepet hilang ya jangan pakai tato yang menusuk jarum atau permanen !

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang ninggalin sholat aja dosa .... lah kok situ malah nganjurin gag sholat dulu gapappa,,,,, sesat nih jangan jangan elu Dajjal kecil ya ????

      Delete
    2. Coba baca surat alma'un: disitu dijelasin celakalah orang yg sholat..
      Orang yg sholat aja bisa celaka, ya salah satu penyebabnya gara2 ditato gimana kita mau sholat wudu aja ga bisa karna kehambat sama tato karn tato air wudu ga bisa menyerap ke anggota badan. Sholat pun pasti ga diterima karna di badan ada najis, darah itu najis tatto itu dari darah.. Makannya jgn di tatto

      Delete
    3. "Sholat pun pasti ga diterima karna di badan ada najis, darah itu najis tatto itu dari darah"
      Kalo darah najis berarti isi badan lu najis smua dong ? Jadi sholat lu ga di terima dong gara2 isi badan lu najis smua ?

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. @anonymous kamu Tuhan bsa ksih ptusan klo orang tato masuk neraka ???
      orang ibadah/sholat urusan'a sama Allah S.W.T mau dtrima/gak hanya Allah S.W.T yg tau !!
      klo udh trlnjur tato sgera brtobat , perbanyak amal ibadah !!!
      nb: klo orang bertato kmu anggap penjahat,sampah,najis dll apa klian mau orang yg bersorban sya anggap teroris !!

      Delete
    6. Om @ardyan sintarto yang dibilang tadi masalah ibadah org yang bertato. Bkn bertato. Itu melambangkan jahat tidaknya. Logikakan lah. Emang saya baca tato berada di bawah kulit. Jadi sah lah wudhu tersebut. Tetapi tato merupakan najis. Syarat sah sholat itu bersih suci dari najis. Apakah sah sholat org bertato?? ? Jadi Allah mengatakan pertama kali bacalah. Baca dulu jangan asal ngomong om. Jadi jangan langsung bilang begitu.

      Delete
    7. Kaya qm gak pernah ninggalin sholat aja

      Delete
  6. Trimakasih Infonya semoga bermanfaat.

    KETERANGAN OBAT PENGHILANG TATO | PENGHAPUS TATO - RX LUQUID :
    NAMA : RX LUQUID
    BENTUK : Cair ( Oil).
    NETTO : 50ml.
    FUNGSI : Obat Penghilang Tato .
    MADE IN : UK.UNITED KINGDOM (ENGLAND)

    ReplyDelete
  7. Pdhl dgn mentato badan bknnya malah menambah gagah atau cantik seseorang,melainkan malah menunjukkan bahwa diri ini kotor dimata alloh jg dmata org yg melihatnya(versi saya)...thanks

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Pdhl dgn mentato badan bknnya malah menambah gagah atau cantik seseorang,melainkan malah menunjukkan bahwa diri ini kotor dimata alloh jg dmata org yg melihatnya(versi saya)...thanks

    ReplyDelete
  10. Hari gini, sprtinya dah jd trend pd mentato tubuh, pdhal dah tahu itu haram. Sholat jd ngg sah, la sholat aja ngg pernah.paling sholat id...allah bener2 dah d sepelekan...

    ReplyDelete
  11. Kalo mentatonya hanya sebuah editan di foto? Masa gaboleh juga? :p

    ReplyDelete
  12. Naudzubillahi min dzalik..

    ReplyDelete
  13. Hadist diatas hanya menjelaskan untuk wanita. Apakah pria juga dijarang bertatto?

    ReplyDelete
  14. Apapun alasan ny ! TATTO haram bagi muslim.......


    Trims

    ReplyDelete
  15. Pak ustad........tolong sekali-sekali di sosialisasikan di telivsi atau media....larangan tato bagi umat muslim.....kalau perlu yang sosialisasi menteri Agama......

    ReplyDelete
  16. aku pernah bersekolah di yayasan dan pernah bertanya mengenai tato bagi pria ,saat bertanya kepada guru2 ane ,sampai saat ini para ulama dunia blm bisa mengharamkan atau menghalalkan tato bagi pria,dan mereka bilang sah atau tidak hanya allah swt yg maha tau.
    coment atas ane bener itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul skali klo udh trlanjur tatoan sgera brtobat prbanyak amal yg baik .. soal ibadah dll dterima atau gak biar Allah S.W.T yg mnentukan
      'manusia Sembahyang lngsung Menghadap Allah S.W.T' jd manusia tdk ada hak menjudge ibadah orang lain dtrima atau gak !!

      Delete
  17. Astaghfirullah, coba anda bayangkan bila anda yang disebut sebagai saudara iblis ponakan setan sepupu jin kafir pamannya gendoruwo? dari situ saja bisa terlihat kalau anda kurang berakhlak. berhati-hatilah dengan ucapan, setau yang saya pelajari air wudhu tetap bisa masuk pada kulit yang ber tatto, kemungkinan besar sisi pengharamannya dari sisi mengikuti suatu kaum. tapi bukan berarti jika di tatto tidak dapat bertaubat, apabila tidak ada kemampuan untuk menghilangkan cukup dengan ber taubat. anda bila bicara harus santun, islam tidak masuk ke Indonesia melalui kata-kata menghujat seperti yang anda lakukan. Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Asalamualaikum, maaf pak ustadz, saya mau tanya, jika diatas anda berkata " Tato juga dikhawatirkan menghalangi air saat wudhu ataupun mandi besar, sehingga orang tersebut masih menanggung hadats, dan konsekuensinya yang paling besar adalah shalatnya tidak sah " , lalu bagaimana dengan tinta pemilu ? jika menghalangi wudhu juga, "apalagi di jari tangan yg notabene gampang terkena hadas" , mengapa kita disuruh wajib mencelupkan jari ke tinta pemilu? bagaimana penjelasannya? .. Terima kasih, semoga kita semua dalam lindungan-Nya ... Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afwan...mohon dibaca gan...kan pembahasannya tentang tatto (yang mana udah ditunjukkan...pake jarum ditusuk2 kan agar menjadi gamabr yg diinginkan lalu dicelup pake alkohol de el el..nah yang ane tanya ma ente..tu tinta pemilu pake jarum kaga?:3 (tepok jidat dah gue :v

      Delete
    2. Fanny : iya klo tato permanen, klo temporer gmn? yg 2 minggu hilang. sama kyk tinta pemilu kan? temporer jg cuma dilukis biasa

      Delete
    3. Mohon maaf saya ijin untuk menambahkan, niatannya yg membedakan tato tinta dan tato temporer, kalo pemilu kan memang sudah seharusnya begitu, sedang temporer kan niatannya memang untuk menggambar di tubuh, terimakasih wass

      Delete
    4. Tinta pemilu itu dari tinta biasa beda dengan tatto permanen yg mengandung unsur darah yg mengering yg bisa menutup pori2 kulit sehingga ketika berwudu air wudu tidak bisa membasahi dan menyerap kekulit yg ditatto..

      Delete
    5. Bukannya yang ga boleh itu yang menutupi masuknya air wudlu ke kulit ya kak? Tinta pemilu juga kan menutupi pori pori kulit.

      Berarti kalo mentatto pake tinta pemilu boleh dong kak?

      Delete
  19. Kalo di haramkan..berarti tatto itu mau permanen atau nggk tetap Haram...
    Adakah dalil hadist yg mengatakan tatto sementara itu halal?
    Mohon pencerahan . Trims

    ReplyDelete
  20. Sy menyesal udah di tato. Mau menghilangkan tp mahal skitar 6jt an, padahal tato sy kecil, tobat dan sholat sy di terima gak ya kl di biarin tatonya, tp ada cara murah ngehapusnya, cm nanti cacat, bingung nih, sah gak ya amal ibadah yg sy perbuat kl blm di hapus tatonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas..setahu saya..orang itu gak bisa menjudge amal ibadah diterima atau enggak...itu Alloh yang tahu..jadi jika ada orang bilang..amal ibadah anda tidak diterima karena tattoan..itu orang songong...jadi tenang aja mas...Alloh maha pengampun kok...relax bro

      Delete
  21. Sy menyesal udah di tato. Mau menghilangkan tp mahal skitar 6jt an, padahal tato sy kecil, tobat dan sholat sy di terima gak ya kl di biarin tatonya, tp ada cara murah ngehapusnya, cm nanti cacat, bingung nih, sah gak ya amal ibadah yg sy perbuat kl blm di hapus tatonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guru di PHI temen saya pernah ngebahas masalah tatoo, banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh siswanya, jawaban yang diberikan cukup mengagegkan. Jawabannya seperti ini "Kalo mau ditatoo ya sah2 aja, urusan sholat Allah yang melihat kita, bener2 ikhlas apa nggak sholatnya, kalo yang menjalani ikhlas Insha Allah bakal diterima sholat kita" begitu jawabannya. Saya juga bingung, yang mengerti islam dengan baik jawabannya begitu. Nah selain itu ada juga temen gw, dari keluarga yang bener2 mengenal islam, temen gw bertanya sama orang tuanya, "boleh tidak kalo saya buat tatoo" orang tuanya memberikan izin anaknya untuk membuat tatoo, pertanyaan dalam hati saya "kok bisa orang tuanya yang mengerti islam mengizinkan untuk membuat tatoo". Gimana guy, bingung ga ?

      Delete
  22. Sy menyesal udah di tato. Mau menghilangkan tp mahal skitar 6jt an, padahal tato sy kecil, tobat dan sholat sy di terima gak ya kl di biarin tatonya, tp ada cara murah ngehapusnya, cm nanti cacat, bingung nih, sah gak ya amal ibadah yg sy perbuat kl blm di hapus tatonya.

    ReplyDelete
  23. Harus dipahami dulu tetang letak posisi tato adalah di dalam kulit di luar daging (tato permanent ) sedangkan syarat syah wudhu adalah membersihkan kulit dari kotoran / khadast.
    Justru tato yg temporer letaknya ada di luar kulit, secara otomatis menghalangi pori2 kulit sebagai syarat syah nya wudhu.
    Dalam hal ini yg terpenting adalah keimanan srta menjalan kan perintah Nya, drpd yg tdk bertato tp tdk melaksanakan sholat.
    Soal diterima atau tidaknya ibdah kita serahkan semua nya pada Allah, karena Alloh bkn hnya melihat badan semata tapi niat srta keikhlasan dari hati kita untuk menjalankankan segala perintah Nya. Insya Alloh....

    ReplyDelete
  24. Baru aja di tatto ah pusing haram n tdk haram Yg penting niat dari hati untk sellu ibadah ,..di trima or ngga ibadahnya ya cuma allah Yg tau.

    ReplyDelete
  25. mak cek creminah ..klo sama2 orang islam ,,g usah banyak mulut ,,,,,,,,,cukup satu kata ,,,,,,,,bahwa tatu kata haram ...

    ReplyDelete
  26. buat apa keren2an pake tatto..mau gaya2 an,,mau hebat2an toh ujung2nya kita juga bakal jadi makanan cacing tanah...

    ReplyDelete
  27. maaf saudara2 sekalian,. tato memang di dalam kulit di atas daging, so itu tidak menghalangi air wudhu, insya allah sholat dan mandi junub tetap sah, yang haram itu ketika membuatnya,. karna telah melanggar hukum islam,. tapi jika kita bertaubat sungguh2,. menjalani kewajiban dan selalu berbuat baik maka insya allah Allah maha memaafkan,. jika memungkinkan financial atau dan tidak melukai parah bagi tubuh, wajib hukumnya untuk dihilangkan,. namun jika tidak memungkinkan maka bertaubatlah, dan tidak wajib dihilangkan., terima kasih,. wassalam..

    ReplyDelete
  28. mohon masukannya, bagaimana cara kita menyampaikan atau memberi tau kepada seseorang yang sudah bertato bahwa hal tersebut merupakan larangan atau yang di haramkan oleh agama tanpa menyikiti perasaan orang tersebut...
    syukron jazilah...

    ReplyDelete
  29. tergantung diri sendiri.. saya ingin tau surat dan ayat berapa di dlm al-quran yg mengharamkan tatto pada pria.? (bukan hadist)

    ReplyDelete
  30. sumber hukum islam itu bukan al-quran saja mas, tapi hadits juga.

    ReplyDelete
  31. Anonymous..anda hebat. Thks infony

    ReplyDelete
  32. Kalian yg tidak bertattoo sadar kah akan yg kalian perbuat apabila menghakimi org yg bertattoo ? Kalian tidak merasa berdosa ? Apakah kalian Tuhan karna sudah berani menyimpulkan bahwa org yg bertattoo akan masuk neraka ? Semua itu bkn urusan kalian sesama manusia,apa yg sudah diperbuat kelak juga akan dipertanggung jawabkan di akhirat.

    ReplyDelete
  33. banyak orang yg tidak bertato berbuat dan berprilaku lebih buruk, koruptor yg jelas jelas merugikan orang banyak apakah bertato? menurut saya, bagi yg tidak bertato jangan punya keinginan untuk mempunyai tato, yg sudah terlanjur silahkan berkonsultasi dengan ahli agama. semuanya kita kembalikan kepada diri kita dan Allah WT, dan jangan pernahm menghakimi diluar kemampuan kita, mari kita berkaca...
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak nyambung tong,, bawa2 akhlaq. yang dibahas disini hanya antara tato, dan hukumnya dalam islam. serta sebab2 nya tato diharamkan.
      Gak usah bawa2 ahlaq deh,, mao solat atau nggak, mao bertato atau nggak, mao berjilbab atau nggak, mao bersorban atau nggak, ya tetep aja ada aja yang baik / buruk ahlaq nya.

      jangan sampe 'ahlaq yang baik' jadi pembelaan diri hingga membuat seseorang menghalalkan tato.
      jangan sampe ada yang berpandangan "gak papah bertato, yang penting akhlaq nya baik" preeettt...

      sekalian aja ngomong "gak papah gak solat, gak puasa, asal akhlaqnya baik"

      Delete
  34. bikin tato itu kan urusan pribadi ya...dan mereka membuat tato itu juga sudah tau konsekuensinya ya ....sebisa mungkin kita ingatkan tapi jangan menghakimi, toh kita juga belum tentu lebih baik dari mereka yang bertato.

    ReplyDelete
  35. Ketika kita bertemu dgn Malaikat Mungkar Nakir di Alam Kubur esok..Dia tanyakan.."Siapakah Tuhanmu?,,Apakah kamu seorang Muslim?..Dengan cara apa kamu menyembah?..Shalatkah kamu semasa hidupmu di Dunia?...Dll......Bukan "kenapa tubuhmu tergambar?..atau apakah kamu Bertatto semasa hidup di Dunia?.." . JADI SEMUA KEMBALI PADA NIAT DAN KEYAKINAN DIRI MASING-MASING..

    ReplyDelete
  36. Lagian ngapain coba di tato2, biar keren? biar dibilang rocker? biar dibilang ganteng?

    ReplyDelete
  37. tatto itu urusan orang yg ditatto sama tuhan,so jgn jadi yang paling bener aja, semua kembali ke hati masing2

    ReplyDelete
  38. Anda Terlalu Radikal Brow Ustad Abal2......Apa Anda Udah Bener d Mata Masyarakat & D hadapan Allah SWT....
    Ngaca Loe...whoooey...
    Meskipun Qta Bertattoo......Qta jga tidak lupa yg Namax Ibadah....
    Apa Ibadah qta tidak dpat d terima Allah..karna qta Bertattoo.....Hadeeeeew
    Loe Bkan Allah....jdi jngan Sok menghujat Orang Bertattoo dengan HAL kebenaranmu Sendiri tanpa d Landasi OTAK yg Cerdas...
    @AmbonTattoo Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ente CERDAS ?? hahaha

      Delete
  39. itu bu susi ber tato .. mudah2an dah tobat ya ..

    ReplyDelete
  40. Jika Islam mengharamkan tato mungkin saya setuju karena kita terlahir dengan kulit bersih lalu kita tato dengan tinta permanen itu artinya kita tidak mensyukuri ciptaan Tuhan. Tapi jika mencukur alis juga diharamkan, saya sangat tidak setuju. Memotong alis sama halnya dengan memotong rambut, jika memotong alis itu diharamkan, berarti memotong rambut yang juga untuk memperindah penampilan juga diharamkan?
    Islam melaknat orang" yang mengubah bentuk tubuhnya karena tidak menghargai ciptaan Tuhan, tapi mengapa Islam mengharuskan laki-laki untuk disunat (memotong ujung kelamin)? bukankah itu juga mengubah bentuk kelamin secara fisik? Apakah kita tidak senang dengan bentuk kelamin yang diberikan oleh Tuhan?

    ReplyDelete
  41. "Allah melaknat wanita yang .., melakukan tato di wajahnya (mutawasshimah), ..., demi kecantikan, mereka telah merubah ciptaan Allah

    lha itu yg ga boleh kan kalo "wanita tato di wajah demi kecantikan"
    kok jadi haram semuanya ???

    apakah haramnya sama dengan haramnya babi ???

    ReplyDelete
  42. Maaf saya mualaf yg punya tato salib, itu gimana pak usstad..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tatto hukumnya haram,wajib ntuk di buang walopun hrus melukai kulit kita,tp klo seandainya efek Dr mnbuang tatto trsbut akan mnimbulkan kburukan yg lbh besar lagi contohnya gara2 mbuang tatto itu akan mnyebAbkan kelumpuhan ,ato kebutaan dll ya tdk di wajibkan ntuk mbuangnya dn cukup dgn bertaubat serta mnyesali atas prbuatan tatto trsbut dilakukan.

      Delete
  43. Tatto bkn penghalang kita ut dekat dg Allah... selama hati dan tujuan kita hanya mengesakanNya, saya rasa tatto tdk akan menjadi permasalahanx... karna Allah hanya akan mengukur nilai amalan kita, bukan ada tidaknya tatto kita... maaf ini pandangan pribadi sy soal tatto... allahu alam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bro , pemikiran anda apa kayak gini, ga usah wudhu, sholat, puasa dll...yang penting hati kita ke Tuhan.pemikiran yang menyesatkan.semua ada syariatnya.wes jelas tato dihukumi ulama menurut hadist dan quran adalah haram.memangnya ulama menghukumi atas permasalahan yg ada semaunya mereka.sekali haram tatoo tetep haram.semoga kita terhindar dari fitnah tatoo dan golongan manusia yang ingkar ulama, hadist, dan quran.semoga yg udah bertato di tubuhnya mendapat rahmat hidayah Allah SWT untuk ikhlas segera menghilangkannya Aamiin Yaa Allah

      Delete
    2. Setuju sama atas ane...
      orang sekarang suka ngeyel. dengan kata2 pembelaan "yang penting hati nya baik"

      Delete
  44. Yg comen nya kbanyakan pada ngeyel hahahaha

    ReplyDelete
  45. sy mau bikin tato nihhhh . tp masih pikir pikir hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aje gile lu,,,,liat aja smua komen diatas,,,,,,kalo lu tatoan,,,abis lu diceramahin sana sni....bs bs km gg jadi tatoan, tapi pake stiker permen jagoan neon tu loooo,,,hag haghagggg.

      Delete
  46. Golongan ingkar ulama, hadist, quran.wes jelas hukum haram, msh beralasan aneh2.inilah tanda2 akhir jaman...

    ReplyDelete
  47. Saya ingin bertanya, sekarang lagi trend lip tatto korea tetapi bukan sukam bibir san tdak sama sekali memakai jarum. Pemakaian nya hanya dioleskan seperti lipstick biasa, tetapi bisa awet selama 24 jam.
    Itu bisa dibawa shalat ga ya? Atau malah haram? Saya ingin beli, tapi ragu.

    Mohon jawab ya makasih

    ReplyDelete
  48. Klo penah punya niat Dan blm bisa meruntuhkan niat sepenuhnya gimna( masih mencari dalil yg membolehkan bertatto) apakah dosa besar juga

    ReplyDelete
  49. gimna ane, lengan, bahu, belakang full tato gmna mo ngilangin..,?

    ReplyDelete
  50. gimna ane, lengan, bahu, belakang full tato gmna mo ngilangin..,?

    ReplyDelete
  51. Klo itu dilarang atau diharamkan. Tlg jlskan secara ilmiah. Jgn asal ngelarang

    ReplyDelete
  52. #dgn Tidak Bermaksud Menggurui..

    Ga semuanya jg hrs ilmiah.. ente percaya adanya hal yg ghaib? Apakah itu ilmiah?
    Allah swt termasuk dlm hal yg ghaib tp ente bisa dgn mudah koq percaya adanya Allah swt..��
    Belajar agama (apapun) ga semua bs dijelaskan secara ilmiah (minimal saat ini ada yg mmg blm bs didpt ke-ilmuan-nya, mungkin dimasa mendatang akan bs diungkap) jd mnrt ane berfikir di area yg jelas2 aja krn agama itu unsur terbesarnya doktrin.
    khusus utk Islam masih lebih logis dibanding agama samawi lainnya..
    *maaf lahir bathin

    ReplyDelete
  53. sy islam, tapi sy juga menyukai tato. menurutku tato adalah seni.....
    hampir smua pembahasan tato oleh ulama mengharamkan tatto. tp kok sy masih agak ragu, mungkin karna sangat menyukai tato hingga kemudian nemu artikel ini..

    http://www.tempo.co/read/news/2014/04/03/173567529/Muhammadiyah-Segera-Revisi-Fatwa-Tato-Tak-Dilarang

    segera direvisi katanya fatwanya..

    ReplyDelete
  54. Klian aneh sdah dijlaskan bukan klau tato itu haram,, knpa trgntung ibadah masing" ?
    Jika mereka ibadahnya baik shrusnya mreka tau tato diharamkan,,
    Kan aneh klw tau haram tp ttap dilakukan

    ReplyDelete
  55. Menurut gw tattoo itu keyakinan, weits... Jgn sewot dulu, tak selamanya keyakinan itu menyangkut dg religi ya. Keyakinan yg gw maksud adalah tentang yg pro dan kontra soal tattoo yaitu keyakinan tentang suatu pemikiran.
    Kayak gimana pun lo koar" tentang haramnya tattoo, toh tiap org pny keyakinannya masing", entah dia pro atau kontra dan lo g bisa usik dan paksakan keyakinan lo itu padanya. Pada dasarnya urusan manusia y Habblu minnallah dan habblu minnanas, urusan sama Tuhannya tentang dosa/tidak,dan diterima ibadahnya/tidak, sedangkan urusannya dengan manusia lain y ada pada keyakinan dlm pemikiran dia, mau pro atau kontra.
    Allah menciptakan manusia secara sempurna, namun bukan manusia namanya kl tidak punya dosa. Kl yg g punya dosa y malaikat.. Hahaha
    Dalam hadist katanya Allah melaknat wanita yg mentattoo wajahnya, brarti tatoo di leher aman lah y... Hehe tapi d hadist lain intinya Allah melarang wanita mentattoo dan meminta untuk ditattoo, karena seni merajah tubuh itu berarti menyakiti diri sendiri, tapi lo tau kan kalo Allah sangat membenci org" yg membunuh dirinya, nah berarti kl bunuh diri itu menyakiti diri sndr juga kan?! kl yg bertattoo masih d beri kesempatan bertaubat selagi idup, nah kl yg bunuh diri kan gda kesempatan lg.. Berarti Ada kesempatan buat bertaubat bagi org" yg dah terlanjur bertattoo, nah taubatnya bener" atau tidak, itu menjadi urusan dia dengan Allah.
    Yayaya.. Gw punya tattoo d tubuh gw, namun semua ini kembali pada keyakinan masing", pilih pro atau kontra dengan tattoo. Org" yg pro dengan tattoo pasti punya alasan sendiri untuk menyangkal orang" yg kontra serta akan sekuat apapun pasti akan pertahankan keyakinan pro tattoonya itu. Demikian juga dengan lo" yg kontra dengan pembuatan tatoo, pasti pny alasan dan sangkalan tersendiri.
    Kembali lg k kata" gw sebelumnya.. Allah menciptakan manusia secara sempurna, namun bukan manusia namanya kl tidak punya dosa. Kl yg g punya dosa y malaikat.. Hahaha
    Dan jangan sekali" menghakimi dan merasa hamba paling benar, karena hakim paling benar hanya Allah, hanya Allah yg tau bagaimana isi hati dan ibadah org" bertattoo itu baik/tidak serta diterima ibadahnya/tidak. Tattoo bukan ikut"an slh 1 religi selain Islam, karena menurut gw, tattoo itu keyakinan, kl dah yakin, tuh org harus terima konsekuensi Dr keyakinannya itu...
    Sekian dan terimakasih
    Sangkalan dan dukungan anda tak berarti apa" bagi saya, biarkan ini menjadi urusan saya sebagai hamba dengan Allah sebagai Tuhannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp, gw suka koment lu brow, klo masalah ibadah, hanya saya dan tuhan yang tau,ditrima ato nggak juga hanya tuhan yang tau,

      Delete
  56. ada yg bilang tadi pokonya tato haram buat islam , emang lo siapa ? Tuhan ?

    ReplyDelete
  57. Intinya gk boleh tattoan kan ya? Walaupun itu sekedar temporary, karena membuat whudu menjadi tidak sah. Misalnya memakai pacar arab boleh gak ? Yang biasanya buat nikahan itu lohh? Yang digambat dibagian punggung tangan ? Biasanya ada warna hitam dan warna orange ? Itu jga menutup kulit kan ? Mohon bantuannya yaa karena saya mau lebih tau lagii^^

    ReplyDelete
  58. Intinya gk boleh tattoan kan ya? Walaupun itu sekedar temporary, karena membuat whudu menjadi tidak sah. Misalnya memakai pacar arab boleh gak ? Yang biasanya buat nikahan itu lohh? Yang digambat dibagian punggung tangan ? Biasanya ada warna hitam dan warna orange ? Itu jga menutup kulit kan ? Mohon bantuannya yaa karena saya mau lebih tau lagii^^

    ReplyDelete
  59. Pertama saya katakan Saya orang islam, mengaji dari umur 5 tahun, sehari ga ngaji kena cambuk emak bapak, subuh ga shalat kena siram 1 ember emak bapak.
    , tinggal di aceh yang masih sangat kental adat keislaman nya.. (saya tidak mengatakan daerah lain tidak kental islam)
    , dan nama pertama saya Muhammad dan saya tidak bertato.
    jadi saya yakin dan tahu benar hukum2 islam dan sebagainya.

    saya yakin seyakin2nya. yang mengatakan bertato haram itu adalah orang yang membaca alquran hanya dalam bahasa arab dan tidak mengetahui arti indonesianya. dan hanya berpegang pada translator yang sesuka hati mengartikan ke indonesia dan memberikan pemahaman berbeda dari aslinya.
    dan sebenarnya ini juga yang menghancurkan islam sekarang ini.
    intinya tidak ada golden era islam lagi sekarang ini karena hal ini.

    di ALQURAN sebenarnya tidak ada tulisan tato sama sekali. dan tidak ada yang spesifik membahas tentang tato/mencoret2 tubuh spesifik seperti tato sama sekali. kecuali di artikan oleh orang biasa yang diakui ulama sebagai tato dan mengkategorinya sebagai najis. padahal sudah jelas najis itu seperti apa.
    lalu mengatakan lagi tato bagian merubah sesuatu ciptaan allah. tato tidak merubah apapun. kenapa mengait2kannya dengan najis yang sangat berbeda?

    inilah kenapa islam sekarang hancur sehancur2nya..
    karena kebanyakan ulama2 songong.

    tahu gak kenapa islam sekarang kok ga seperti dulu?

    dulu dimasa ke emasan islam , penemu islam sangat banyak bermunculan.
    aljabar salah satunya.
    tanpa aljabar. kita tidak bisa menemukan komputer sekarang ini.

    namun kenapa islam terpuruk? karena itu tadi.
    dibatasi oleh sesuatu yang sebenarnya tidak ada oleh ulama2 songong. dan kita mayoritas islam fanatik yang tidak mengerti bahasa arab sebenarnya asal ikut saja dan tidak berani mengkritisi sesuatu karena ketakutan takut dibilang kafir.padahal yang berhak mengatakan kafir cuma Allah saja.
    padahal islam tidak sebodoh itu.
    30-40 persen mayoritas islam fanatik masih percaya bumi ini datar. bayangin aja deh.

    sebenarnya mau ngomong panjang lagi. tapi yasudah lah. segini saja dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tong loe belajar agama islam sama siapa? Islam menggamparkan bumi itu seperti hamparan sejauh mata memandang bukan datar, tong lain kali kalo belajar cari terjemahan yg tepat sama guru yg tepat.. Kalo tato itu menurut ane haram lah. Kan sama aja mengkufuri nikmat dr allah swt dengan cara merubah dan menambah2 ciptan allah swt. Islam tidak terpuruk tong. Emng ini akhir jaman. Dah dijelaskan di Al Quran kan akhir jaman gimana, loe baca gk sih Al Qurannya tong? Tunggu Imam Mahdi ya tong baru islam akan berjaya lg. Nikmati dan jalanin aja proses kehidupan dengan bersyukur ya tong.

      Delete
    2. Itu kan menurut lo doang haram,dan lo itu siapa....?,,dan sangat kurang tepat apabila org bertato mengkufuri nikmat....

      Delete
  60. Assalamualaikum...

    Ikut nimbrung ahh..

    Menurut saya, koridornya yg jelas adalah Islam kan bahasan kita ini?

    Klo iya lanjut..
    Islam itu mengucapkan dgn lisan (syahadat... Kalimat Tayyibah... Laa Illaha Illalah Muhammada Rasulullah) kemudian mengamalkannya dlm kehidupan kita sehari-hari..

    Percaya dan yakin kpd Allah, menjalankan perintahNya menjauhi SEGALA larangannya, Allah berfirman kemudian disampaikan melalui utusanNya yaitu baginda Rasul Muhammad SAW.

    Jika kita benar2 paham kalimat tayibah tdi, secara otomatis kita akan mengikuti ajaran2 yg dicontohkan oleh baginda Rasul.

    Sekarang saya tanya, apakah Rasul memakai Tatto?
    Beliaulah contoh sebaik2nya contoh bagi umatnya.

    Ada maksud dan tujuannya Allah melarang itu, yg jelas pasti untuk kebaikan para makhlukNya.

    Jika dilanggar, akan ada dampak negatifnya, bahkan jelas janji Allah (hukumannya bagi yg melanggar)

    Cmiiw..
    Wallahu alam bishawab..

    ReplyDelete
  61. Maaf sebelumnya mau ikut coment..
    Saya memang masih mencari baik atau tidaknya ditato.. bukan haram atau tidaknya ditato.. tapi beberapa penjelasan yg saya temui menunjukan bahwa tato itu ternyata tidak baik dan dilarang oleh allah dan juga rosulnya.. saya berfikir darimana asal kita dan siapa yg menerima wahyu islam sebagai agama kita "bagi yg muslim" tentu allah dan rasulnya muhamad SAW.. jelas inilah yg jadi sandaran dlm kehidupan seorang muslim.. knp kita tidak mengikuti perintah dan aturannya yg sudah ditetapkan. Perkara itu sebuah karya seni.. saya rasa tidak harus disangkut pautkan dngn seni.. karna seni itu punya ranahnya sendiri yg tidak disukai allah dan rosulnya.. memang itu hak asasi manusia.. tapi yg menciptakan manusia itu melarang.. knp harus berpedoman pada hak asasi manusia.. kalo masalah ibadah diterima atau tidak memang tidak ada yg tau.. tapi kalo perkaranya solat jelas itu sesuai ucapan rosul itu tidak diterima.. karna jelas ada dlm bab berwudu.. dan salah satu hal yg penting dlm solat itu berwudu.. karna solat itu bukan ibadah.. melainkan bersujud menghadap allah swt.. sesui dengan apa yg diperintahkan allah dan rosulullah Saw.. dan allah suka dngn orang2 yg bersih yg terhindar dari hadas besar maupun kecil ketika hamba2nya kembali menghadapnya.. mungkin itu coment saya semoga baik buat semua.. terimakasih "percayalah dengan apa yg tersirat bukan yg tersurat (undang2 hak asasi)

    ReplyDelete
  62. Allah maha pengampun pasti akan slalu mnerima taubat org2 bertattoo. Amin, saya bertattoo dan beragama.

    ReplyDelete
  63. YANG BELUM DI TATO JANGAN DI TATO,YG TERLANJUR SUDAH DI TATO COBALAH UNTUK DI BUANG,
    SEJATINYA SEMUA MANISIA MEMILIKI DOSA,BERTAUBATLAH KITA SEBELUM PINTU TAUBAT KITA DI TUTUP OLEH ALLOH SWT
    ISLAM DALAM QURAN DAN HADIST TIDAK PERNAH MEMPERSULIT SEGALA SESUATU YG ADA DALAM ALAM INI,SESUNGGUHNYA MAHLUK ITU SENDIRI(MANUSIA) YANG MENG ANGGAP QURAN DAN HADIST MEMPERSULITNYA, YG DEMIKIAN ITU ADALAH ANGGAPAN DARI GOLONGAN ORANG2 KAFIR,

    ReplyDelete
  64. pak itu dalam hadist kan cuma di sebut wanita, berarti kalau laki laki gmn pak?
    trus dlm surat an nisa merubah bentuk tubuh, sedakan kalau di tato "bentuk" tubuh masih tetap sama. nohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya kalo yang mau bertatoo urusan mereka, diterima atau nggaknya sholat mereka juga bukan urusan kita, masuk surga atau neraka juga bukan urusannya dengan kita, tetapi urusan yang bersangkutan dengan Allah. Kita sebagai makhluk ciptaan Allah jangan menghakimi yang bertatoo, mungkin diri kita lebih buruk dari yang ditatoo.

      Delete
  65. Terus, bagai mana dengan wanita yang memakai henna. ??????
    Itu kan juga termasuk jenis tatto temporari, makai nya di tangan pula, sedangkan orang waktu akan berwudhu selalu cuci tangan terlebih dahulu,
    Mohon pendapatnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa cewek make gituan klo lagi haid mas...

      Delete
  66. Maaf sebelum nya cuma mau sharing saja, menurut saya tattoo (dibagian area wudhu atau tidak) itu haram dikarenakan saat kita berwudhu air tidak bisa meresap sepenuh nya kedalam kulit kita karena pori2 dalam kulit sudah tertutupi oleh tinta tattoo, maka logika nya tidak sah untuk sholat, lalu jika tattoo bukan dibagian wudhu saat lelaki atau wanita melakukan hubungan suami istri maka mereka harus mandi besar atau wajib dan air pun tidak bisa meresap kedalam pori2 maka tidak sah, begitu juga wanita saat mengalami datang bulan harus mandi besar, itu menurut logika saya mohon maaf kalau ada yg kurang setuju

    ReplyDelete
  67. ribet amat sih gara2 tato doang, kalo orang pinter, pasti akan memgerti dengan yang udah dikasih petunjuk diatas. heran gua mah. Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah (QS. Al Kahfi, 54)

    ReplyDelete
  68. Ga jelas pada ,klo mau tobat jgn tunggu di azab,
    Beginilah manusia klo di kasih tau ,ya pada mbantah dan cari alasan,
    Wallaikumsalam Wr Wb

    ReplyDelete
  69. dalam AL-QUR'AN ada gak surat atau dalil yg bilang kalo masang tato itu haram?

    ngaco nih orang yang buat postingan..

    hadits yg bikin manusia ya..
    kalo anda ikutin haddits sama aja anda musrik.
    gue juga bisa bikin hadits..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum.
      @Muhamad Novian. Hadist itu perkataan Rasulullah S.A.W, manusia yang di pilih Allah S.W.T. Perkataan nabi yang keluar semua karena ada sebab musababnya, nabi jarang sekali mengeluarkan kata2 yg tidak perlu terlebih lagi menyesatkan. Hampir seluruh sunah nabi seperti sholat sunah dll digambarkan dari hadist yg diriwayatkan oleh para sahabat yang terpercaya perkataan dan ingatannya. Jadi hadist bukan perkataan manusia seperti kita. Dengan mempelajari Al-Qur'an dan hadist dengan baik semoga kita bisa menjaga perkataan kita dengan baik, jangan sampai lisan kita membuat Allah S.W.T murka kepada kita.. Masalah tato itu haram atau tidak, sebaiknya tidak usah ditato saja karena tdak dianjurkan Rasulullah S.A.W. karena dengan tidak mentato tubuh insha Allah lebih banyak manfaatnya, jika bermanfaat pasti sudah diberitahu oleh Beliau.Saya dan mungkin yg lain hanya sekedar mengingatkan karena jika kita tahu tetapi tidak mengigatkan maka dianggap bersalah karena menyimpan keilmuan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamin.

      Delete
  70. Dr. Irma Bernadette Simbolon,dermatovenereulogist(dokter ahli kulit) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menyatakanbahwa orang yang gemar merajah tubuh (bertato) sangat beresiko tinggi terserang berbagai penyakit. Arti merajah yaitu melukai badan dengan cara bertato atau tindik (body piercing). Ketika jarum tato mulai menusuk anggota tubuh, peluang untuk terluka sangat besar.Di luka itulah bermacam bibit penyakit mengintai untuk masuk kedalam tubuh. Selain itu, luka yang ditimbulkan bisa menyebabkan iritasi yang berujung kepada infeksi dan berbagai jenis macam penyakit yang saya sebutkan di atas seperti hepatitis B dan C, Tetanus, Lupus, sampai HIV AIDS!Risiko lain yang harus dihadapi adalah penggunaan jarum tato yang tidak steril. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa para pentato menggunakan jarum yang steril danbaru, dan bukan jarum bekas pakai yang sudah dipakai berulang-ulang kali. Ya logisnya seperti ini saja, para pentato itu kan juga pebisnis yang mau cari untung dari kegiatan mentatonya. Jadi kalau dia bisa menghematcostdengan cara penghematan jarum tato, kenapa tidak? Kalaupun dia tetap menggunakan jarum yang baru, tapitetap saja ada kemungkinan dia lupa atau tidak bisa membedakan mana yang baru dan mana yang lama.Tidak percaya? Ingin kisah nyata?Alright, check this out!Bagi para penggila sepakbola, terutama liga Inggris, pastinya tau dong dengan pemain Club Arsenal yang bernamaKarl Fredrik Ljungberg? Pemain berkebangsaan Swedia ini selalu menjadi andalan Arsene Wenger (pelatih Arsenal) di skuad berjulukThe Gunnerstersebut. Namun sejakbeberapa tahun belakangan ini nama Ljungberg sudah tidak pernahterdengar di jagat persepakbolaan karena sang pelatih sudah jarang memainkannya dan praktis Ljungberg hampir selalu duduk di bangku cadangan.Alasan Arsene Wenger tidak mau memainkan Ljungberg sederhana saja: karena sang pemain kerap terserang sakit kepala (migrain) secara tiba-tiba, dan hebatnya, penyakit itu datang tanpa sebab. Terkadang datang saat latihan dan terkadang datang di saat sedang dalam pertandingan. Tim dokter Arsenal juga tidak dapat mendeteksi asal muasal penyakit migrain yang sering datang kepada Ljungberg. Setelah kurang lebih duatahun melakukan riset mendalam, akhirnya tim dokter menemukan sebabnya, yaituberasal dari tinta tato yang ada di tubuhnya!Ljungberg yang juga model Calvin Klein dan memang terlihatmachoitu menambah kemachoannya dengan mentato dua macan kumbang di tubuhnya, yang masing-masing berada di punggung serta perutnya. Awalnya memang terlihatmacho, tapi ternyata, resiko yang ditimbulkan sangat besar. Menurut tim dokter, tinta tato yang berada di dalam tubuh bereaksi terhadap jaringan getah bening yang ada di pinggang sehingga menyebabkan peradangan pada jaringan syaraf, yang berakibat pada migrain yang dideritanya dan bahkan beresiko kanker. Jadi, boro-boro terlihatmacho, yang ada karir sepakbolanya tamat hanya karena tato “duo macan” itu. Bahasa arabnya,“khalas!”alias tamat / selesai.

    ReplyDelete
  71. aye copas aje tu biar agak ngarti noh orang" yg ngebantah.

    ReplyDelete
  72. Masing masing kita terlahir dengan anugerah yang amat besar dari Allah s.w.t yang mana kita dikasih otak untuk berfikir. Mana yang sekiranya bermanfaat mana yang mudharat. Tinggal kita tentukan sendiri. Yang pasti yang harus digaris bawahi. Di dalam islam tidak pernah ada namanya toleransi. Apa yang sudah menjadi hukum dan jelas dalilnya ya itu yang harus diterapkan dan dilakukan dalam kehidupan setiap muslim. #semoga allah bersama kita semua. Amiin....

    ReplyDelete
  73. Masing masing kita terlahir dengan anugerah yang amat besar dari Allah s.w.t yang mana kita dikasih otak untuk berfikir. Mana yang sekiranya bermanfaat mana yang mudharat. Tinggal kita tentukan sendiri. Yang pasti yang harus digaris bawahi. Di dalam islam tidak pernah ada namanya toleransi. Apa yang sudah menjadi hukum dan jelas dalilnya ya itu yang harus diterapkan dan dilakukan dalam kehidupan setiap muslim. #semoga allah bersama kita semua. Amiin....

    ReplyDelete
  74. Pusiiiiiing comen nya aneh aneh ah.. inti nya balik ke diri pribadinya az

    ReplyDelete
  75. Lo tau ngg para teroris yg bikin malu islam?? Ya orang2 yg songong nge judge "haram" lah... "masuk neraka" lah... yg terlalu dangkal menafsirkan Qur'an.. kasih masukan dan pencerahan boleh, tapi jangan sok menghakimi.. islam itu indah coy, nggak ribet...

    ReplyDelete
  76. Ente yg ngebantah,,sama kaya fir'aun..!!

    ReplyDelete
  77. tato temporary aja yg seminggu hilang hahahah

    ReplyDelete
  78. Menurut saya pribadi, letak haramnya tato adalah pada pembuatanya yaitu menyiksa diri sendiri.
    Selagi tintanya tdk mengadung bahan2 haram (minyak babi , alkohol , dll), wudlu tetaplah sah karena tinta ini tdk menutupi kulit.
    Seperti halnya zina, yg haram adalah saat melakukan zina. Anak itu tidak haram.

    Wallohualam

    ReplyDelete
  79. Yau dah si.. yg dah di kasih tau hukum2nya tapi masih cari alesan buat masang tato.. pasang aja. Resiko masing2 ini.. inget rosul pemberi peringatan dan lagi rahmat semesta alam.

    ReplyDelete
  80. Yau dah si.. yg dah di kasih tau hukum2nya tapi masih cari alesan buat masang tato.. pasang aja. Resiko masing2 ini.. inget rosul pemberi peringatan dan lagi rahmat semesta alam.

    ReplyDelete
  81. "Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka (pun) ada qishaashnya. Barangsiapa yang melepaskan (hak qishaash)nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim." (QS. Al-Maidah 5:45)

    "Janganlah kamu menggoresi tubuhmu karena orang mati dan janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu; Akulah TUHAN." (Kitab Imamat [Bagian dari Taurat] 19:28)

    ReplyDelete
  82. Sebenernya saya ingin di tato, teman saya disini banyak yg di tato, bahkan teman yg lain di tempat latian bela diri kalau di buka bajunya pas latian juga kebanyakan di tato, mangkanya saya search menenai hukum tato, tapi setelah saya baca attikel ini, coment2nya juga, saya jadi gamau di tato, saya sadar untuk melakukan ibadah shalat saja saya jauh dari sempurna apalagi melakukan hal yg bisa mencegah kesempuranaan ibadah kita, ada hal yg lebih baik dari sekedar seni yaitu kewajiban dan kewajiban adalah kebutuhan, sama seperti hidup yg harus membedakan mana kebutuhan mana keinginan. Menurut saya yg coba berfikir rasional.

    ReplyDelete
  83. Kalau tato karena spidol gimana apakah boleh atau tidak mohon jawabannya karena saya sudah 2 tahun memakai tato temporer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum bang Zaki, sebaiknya tidak digunakan. Karena mempertimbangkan manfaatnya apakah lebih besar daripada bahayanya? Jika tato itu lebih besar manfaatnya pasti sudah diberitakan Rasulullah S.A.W. Setahu saya tato jenis apapun tidak boleh. Semoga bermafaat. Aamin.

      Delete
  84. Tolong Jangan asal "melarang" atau jangan asal " membenarkan" jika ingin melarang atau membolehkan harus disertakan firman allah & hadis rasul. Gw mungkin sempat khilaf lg jalan" ke kota tua liat tante temporer jadi ikutan pake padahal cm sedikit dilengan kanan, mau dihilangkan kan lama. Tolong kasih penjelasan gimana caranya gw sholat diterima / nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. "tatto" sorry autotext

      Delete
  85. yg X bilang "ah, kamu cm cari alesan aja buat pembenaran tatto". yg Y bilang "ah, km cm cari alesan aja buat klo tatto itu salah". Gitu aja terus, sampe mba inul rilis album deathmetal

    respect everyone guys
    mau orang yg bertato, mau yg ngga, enak in aja lg

    ReplyDelete
  86. yang belom pake tatto jg blom tntu sholat'a di trima koq, kita sholat klo blom ber ma'rifat kpada Alloh juga kita sholat blom tentu nyampe ke Alloh sholat kita, mending cari jalan aja sendiri'' buat ke depan'a bos gak usah menghakimi orang'' yang bertattto

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ryan menurutku memang bener belum tentu orang yang tidak bertato solatnya di terima tuhan. Mungkin juga orang yang bertato dengan hati yang khusuk solatnya lebih di terima tuhan... Tp km mungkin sebagai orang yang beragama islam.. Apa km tidak geram ketika mereka dan bahkan terkadang ak juga meragukan hukum tuhan atau mungkin terkadang mencari alasan yang menggunakan logika untuk mengingkari hukum tuhan. Agar apa yang terkadang kita lakukan dianggap benar...

      Delete
  87. kan sudah di jelasin yang merubah ciptaan allah... jadi tato itu merubah ciptaan allah

    ReplyDelete
  88. saya suka sekali dengan aktifitas menggambar. saat SMA sering diminta teman2 utk mentatto, saya berfikir itu seni dan sah saja saya berbuat seperti itu. Sampai saat ini saya belum yakin kalau tatto itu haram karena belum ada dalil atau ayat yg menjelaskan tatto (ingat kata tatto), namun jika suatu perbuatan itu mendekati arah mudharat saya percaya lebih baik utk ditinggalkan. saat ini jika ada orang yg minta dibuatin tatto pada saya, saya tekankan tujuan orang tersebut. sebagai contoh jika hanya sebagai fashion, saya menolaknya. dalam kasus ini, landasan saya adalah niat.dan manfaat yg dipakai pengguna. bagaimana dengan saya apakah menggunakan tatto? tidak, karena saya belum mendapatkan manfaat saya bertato walau terkadang ingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi anda menerima org yg ingin bertatto karna tujuan apa?? Allah SWT berfirman: “Dan aku (setan) benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku (setan) suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.” (An-Nisa`: 119)
      hadits shahih-nya: “Allah SWT melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan yang meminta disambungkan, wanita yang mentato dan yang meminta ditatokan.” (HR. Bukhari no. 5933)

      Delete
  89. Gitu aja kok repot! kalau udah dilarang agama dan lebih mendekati mudharat ya tinggalkan aja,daripada ntar kena dosa.

    ReplyDelete
  90. berdebat tentang agama. g akan ada habis nya.
    kembalikan lagi ke individu nya.
    toh mereka juga di berikan kemampuan untuk membedakan yang mana yang baik untuk dirinya, dan sebaliknya.
    kalo masalah sholat dan wudhu yang g SAH atau g diterima.
    itu urusan SANG PENCIPTA. bukan urusan kita.

    ingat, hidup hanya sekali ( NGGAK ADA ACARA RENGKARNASI )
    jadi manfaatkan KESEMPATAN HIDUP ini dengan baik.

    ReplyDelete
  91. Semua tergantung iman di hati,,,,, :-) jangn ngurusin mereka yg menyimpang mas,, biarkan saja, semoga allah s.w,t memberinya petunjuk,
    Insa allah kalo ada rezeki aku bakal hapus,, maksih yah pemberitahuannya,, :-)

    ReplyDelete
  92. Anonymous
    bahkan dalam alkitab juga melarang untuk bertato nih buktinya:
    di Imamat 19:28, yang mengatakan, ”Jangan membuat tanda tato pada dirimu.”

    ReplyDelete
  93. tuhan menilai umat nya bukan dari penampilannya tapi dari hati

    ReplyDelete
  94. orang mau pake tatto atau tdk itu urusan individu masing2.kalian jangan men-judge mereka berdosa atau gak.amal ibadah bukan kita yg tentukan.itu orang gak bertato sholatnya bagus al quran aja d korupsi....

    ReplyDelete
  95. Sanbow Special cream Hasil Racikan Para Dokter Ahli Bekerja Secara Intent Dan Teruji Kliniks, Untuk Mengangkat Noda Dari Bekas sulam Alis/Sulam Bibir/Hilangkan Tattoo Yang Gagal/Ingin Di Hilangkan secara Permanent.

    Sanbow Terbuat Dari Bahan Herbal Hasil Dari Resep Dokter Kulit , Cepat Meresap tanpa menimbulkan iritasi pada kulit
    Cream Tersebut mampu memudarkan Sulam alis / Bibir Serta Tattoo Di area wajah.

    Ramuan Cream Penghapus Sulam Alis ini berkerja bertahap untuk proses Pengangkatan tinta tattoo pada alis, jadi tidak akan merusak kulit , jika anda pemakaiannya Rutin Sulam alis anda Akan Hilang Total dan anda dapat membaharui sulam alis anda lagi (Baru.
    SEDIA
    -OBATPENGHAPUS WARNA TINTA TOTO
    -OBAT PENGHILANG WARNA LIPS CARE BIBIR
    OBAT MELEBATKAN BULU ALIS DAN MEMANJANGI BULU MATA

    HUB AMBAR WIJAYA,081382474900,PIN.2A71C0DD
    www.obatpenghilangsulamalisbibir.blogsport.com

    ReplyDelete
  96. Klo dterusin ngga bakalan ada ujungnya yg ada pling debat & debat doang isinya , biarakan meraka yg bertato bertanggung jawab sendiri di akherat lagi pula kita yg tidak bertato jga sudah bilang kn klo bertato itu haram hukumnya , soo jdi klo meraka semua yg bertato cma ngebantah & ber'alasan tato itu seni biarkan saja lah lagi pula penyesalan itu datangnya akhir , giliran udh mau mati nyesel trus tobat jangan harap deh tobatnya dtrima , pling ujung2nya jga dkulitin ddalem akherat.
    NB: hidup itu sementara bro jadi jangan sia2kan hidup kita dengan hal yg ga jelas gth dehh , jalani hidup dengan hal yg positif aja ga perlu neko2 , bertato kok dsebut seni , seni sh seni mba bro mas bro tapi seninya yg menghasilkan dong contohnya menghasilkan uang kya ngelukis kek bikin baju batik kek kan lumayan klo djual bisa menghasilkan uang nh uang itu bisa kita tab buat masa depan itu yg dnamakan positif mba bro mas bro.
    Sekian dan terimakasih wasallamualaikuum wr.wb.

    ReplyDelete
  97. Aku pernah buat tatto.. Tp sehari buat besok langsung ak hapus.. Coba deh kalian yang bertato lihat kulitmu yang tadinya bersih tiba tiba kotor dengan tinta warna warni yang selama nya tidak bisa km hapus. Memang tadinya indah... Tp coba kalian amati dan bandingkan dengan mereka yang berkulit bersih tanpa noda. Ak miris melihat komentar komentar yang meragukan hukum tuhan.. Agama tidak menggunakan logika.. Hukum agama tidak untuk berdebat salah dan benar. Hukum agama itu mutlak harus di patuhi... Dan jika kita tidak patuh artinya kita berdosa. Ya salah satunya bertato... Menurut agama itu dosa. Ya udah dosa aje... Jangan mencari pembenaran... Dengan memperdebatkan hukum tuhan...

    ReplyDelete
  98. Orang yang bangga akan dosa sudah banyak ,, sebagai muslim tidak salah memeri tahukan ajaran islam kepada saudara sesama muslim tapi yang namanya menyebarkan kebaikan ada saja yang tidak suka . Nabi pun saat mengajarkan agama islam banyak sekali cobaan nya ,, contohnya orang yang bangga atas dosa nya ,, mentato itu merubah tubuh ,, allah menciptakan kulit tanpa coretan tapi kita merubah dengan cara mencoret dengan tinta tatoo . Percuma waktu bayi ibu kalian rajin membersihkan dan merawat kaliat tapi pas besar malah kalian kotori , kan kalau kulit kalian bersih tanpa coretan itu bagus ,, tato itu tidak membuat duri kalian baik dimata orang lain ,, ingat kalian ga hidup sendiri diluar sana banyak orang yang melihat kalian .. ga usah sok jagoan , dan jangan bangga akan dosa itu adalah tanda kiamat sudah dekat

    ReplyDelete
  99. maaf iya aku termasuk orng bertato .. tapi sesudah itu saya menyesall dan berdosa .. terpukul ... maaf iya bagi kalian yang so pinter kalo ngasih tau orng yang baik baik jangan sambil ngehina . nama nya orang pasti 100% pernah melakukan dosa . kecuali bayii . sebelum coment yang engga engga .intropeksi dulu kali aja anda anda pernah melakukan dosa yang lebih besar dari pada dosa yang pake tatoo !!! asalamualaikum

    ReplyDelete
  100. Ass, Apakah dosa,jika bertato lafadz allah, dipunggung

    ReplyDelete
  101. Ass, Apakah dosa,jika bertato lafadz allah, dipunggung

    ReplyDelete
  102. Aduh.... dasarnya kita manusia suka sekali berbantah2an. Jelas2 tertulis "Allah melaknat" kok ya masih diperdebatkan panjang2. Kalo beriman, ya tugas kita cuma ikuti perintah-Nya n hindari larangan-Nya, bukan mencari alasan atau pembenaran. Kalaupun dapat pembenaran dari manusia, yakin bakal dapat pembenaran dari Allah? Ckckcckck

    ReplyDelete
  103. Saya punya tatto lumayan banyaklah,dan saya menyesal bertato ,dulu saya preman,dan sekarang saya selalu memohon ampun kepada Allah ,biar dosa2 saya bisa diampuni,intinya Tatto itu membawa kesombongan, dan Allah tidak menyukai sifat seperti itu,bagi yang belum bertato jangan melakukan nya...

    ReplyDelete
  104. Orang yg membunuh aj diampuni Allah,jadi bagi yg terlanjur bertato rajin2lah istighfar memohon ampun kepada Allah,banyak kog di luar sana tanpa tatto perbuatannya lebih biadab ,miras,zina,korupsi dan membunuh ,dan bagi yg tidak bertato jangan melakukannya..

    ReplyDelete
  105. Bagi yg tdk ngerti mksd dalil di atas hanya perempuan saja yg di sebut kenapa?
    Alasannya karna dlu yg suka menghias badanya atau bertato itu kebanyakan perempuan.

    ReplyDelete
  106. Manusia tempatnya dosa kekhilafan dan kemunafikan,manusia menjadi bodoh karna dirinya sendiri bodoh karena mengikuti hawa nafsu keinginan sesuatu dan keegoisannya~
    saya remaja 17th saya juga bertattoo tapi di badan dimana tidak menutupi salah satu dari syarat/sahnya berwudhu,di sini saya tanya jika saya melakukan dosa kecil sehingga saya diwajibkan berjunnub apa mandi saya sah atau bagaimana ? saya percaya tiada tuhan selain allah,muhammad adalah utusannya,dan sesungguhnya dia maha pengasih maha penyayang dan maha pengampun hambanya,saya hanya akan bisa mohon ampun dan kasihnya,dengan cara saya bertaubat nasuha,dimana tak ada lagi dosa yg akan terulang kembali..dan sesungguhnya allah banyak menciptakan kebahagiaan(dunia) bagi hambanya tertimbang urusan akhiratnya,dan sesungguhnya aku menciptakan dan untuk akulah mereka(ciptaan) kembali kepadaku ? begitu panjenengan semuanya ? terimakasih

    ReplyDelete
  107. Semua itu kembali pada diri kita masing2
    Lahaulawhalakhuata..
    Tiada daya dan upaya atas pertolongan Allah.

    ReplyDelete
  108. Semua itu kembali pada diri kita masing2
    Lahaulawhalakhuata..
    Tiada daya dan upaya atas pertolongan Allah.

    ReplyDelete
  109. pak saya mau tanya kalo hukum memakai lip tatto/lipstik tahan lama untuk perempuan apakah itu jg tdk boleh untuk sholat ? tapi lip tato hanya jngka wktu yg lama baru bisa hilang dngn sendirinya

    ReplyDelete
  110. Kalo udah kagok pake tato yg ga permanent, nah skrg udah hilang....solat nya masih bisa diterima ga?

    ReplyDelete
  111. Kalo udah kagok pake tato yg ga permanent, nah skrg udah hilang....solat nya masih bisa diterima ga?

    ReplyDelete
  112. Kalau emg masuk nerak neraka aja, mau itu dosanya apa yauda terima aj, dan gk usah di perjels tatto itu haram apa sebagainya, yg ngejalani tuh diri masing2, dan gosah sok suci dan bersih, semua manusia tuh pasti punya kesalahan di dlm dunia nyata ini, ya uda jalani aja hidup ini, ngapai di bawa ketakutan, kalau kw takut mati brrti kw takut neraka uda itu aaja t_t

    ReplyDelete
  113. Dari segi kesehatan saja tatto dapat mempertinggi penularan penyakit2 ya seperti hiv yg di tularkan pada darah jika jarumnya tidak steril.
    Tapi ada yg bilang kalo buat tato di daerah yg ga kenak wudhu gpp.

    ReplyDelete
  114. Gini sob kalo menurut saya..diakhiri saja..buat apa kalian berdebat yang ga ada akhirnya sebenernya segala seauatu yang membuat sesama muslim itu dalam pergunjingan dan perdebatan tiada akhir itu buruk yang ingin bertatto biarkan bertatto yang menyatakan klo bertatto itu haram biarkan mereka hormati..bukan kah kita sesama umat muslim harus saling menghormati dan menyayangi..Allah Hualam hanya Allah yang dapat menentukan mana yang batil dan mana yang tidak..intinya tanya kepada hati nurani tanya pada yang lebih mengatahui tentang Islam jangan menelan mentah mentah semua yang ada di Google..Google itu ga semua benar dia cipataan manusia..klo mau pinter agama islam baca dan belajar Al-qur'an dan Al-hadist..jangan belajar sendiri hendaknya di dampingi Orang yang lebih mengerti..semua yang ada Di Al-Qur'an itu bermakna kiasan jika kita tdk mencermati dan tidak memaknai dalam dalam..kita bisa salah mengartikan..jadi intinya STOP berdebat sesama muslim jika akhirnya tidk baik untuk kita semua..Saling menghormati saling menghargai..biar Allah yang menentukan..klo pengen lebih pintar belajar Al-qu'an..Al-Qur'an kitab segala bangsa, banyak misteri yang belum terpecahkan disana mari sayangi sesama muslim

    ReplyDelete
  115. Urusan dosa, haram & neraka itu urusan allah n hambanya.. Bukan manusia hakimnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Memang urusan Allah, yg tau dosa atau haram kita sendiri Dan Allah .
      bagaimana mana kita tahu yg mana dosa yg mana haram?
      Bacalah Alquran ,itu pedoman orang muslim.
      Kalau kita sadar Kita melakukan dosa ,istighfar Dan bertaubat.

      Manusia memang bukan hakim , tapi manusia harus tau

      Delete
  116. Assalamualaikum..

    Saya bertato, tidak sengaja diniatkan untuk ditato pada awalnya, soalnya saat jalan2 ke Bali ketemu temen lama dari luar negeri, dan beliau menawarkan untuk ditato. Mungkin karena saat itu saya kurang tau masalah haram nya tato bagi muslim, ya saya rela untuk ditato.
    .....
    Ketemu pak ustadz ternama di Bandung dan saya pun bertanya mengenai hukum nya. Sudah jelas bahwa tato bagi muslim itu haram. Tidak bisa ditawar lagi dgn alasan apapun. Dan bagaimana kalau yang sudah terlanjur? Jika memang punya biaya untuk menghilangkan nya segera hilangkan. Kalau saya kebetulan kan free saat di tato nya juga. Dan setelah mencari tau, menghapus tato itu tidak murah.
    ...
    In here,
    Debat masalah tato, lihat pribadi dulu, bersih kah hati anda dari noda batin? Tato terlihat, sudah jelas haram. Bagaimana dengan kebersihan hati anda ? Apakah ibadah anda lebih baik dari orang yang bertato? Apakah lidah anda selalu dipakai untuk mengucapkan kebaikan?
    Sssttt...diam saja..
    Allah Maha Pemaaf. Allah Maha Mengetahui.
    ...
    Bertato kok sholat? Wudhu nya ga say. kan haram.

    Justru anda yang harus tau diri, harus malu itu anda yang tidak bertato tapi tidak melaksanakan sholat.
    Malah menjudge orang yang mungkin sudah sekian lama bertaobat dari bertato nya yang mungkin saja Allah sudah memaafkannya, tapi anda malah menjadi penghakim yang sok hakim. Ya, sok hakim.
    ...
    Jangan sampai derajat kita dihadapan Allah lebih rendah dari orang yang kita judge..

    ReplyDelete
  117. maff . tattoo itu memang haram tp haramnya waktu proses pembuatannya saja karna dgn sengaja kita menyakiti diri kita sendiri . ttpi sesudah proses selesai tattoo tidaklah haram dan semua orang bertattoo boleh solat kok . ada yg bilang tattoo menutupi kulit ketika berwudhu, padahal kulit yg bertattoo masih bisa berkeringat itu berarti tattoo tidak menutupi kulit . MUI belum mengeluarkan fatwah bahwa tattoo itu najis .. jadi kita masberto sah2 saja untuk sholat tidak ada halangan buat sholat krna sholat hukumnya wajib dan setiap orang berhak dekat dgn tuhannya . lagian mana ada sih tuhan tidak membolehkan umat'a untuk beribadah walaupun umat'a bertato...didekat rumahku di bekasi ada seorang ustad tapi beliau bertato dan saya bertanya pada beliau "emg bner kalo org bertato itu solat'a gk sah" terus dijawab sama beliau.sambil tersenyum dia berkata "sebenarnya org bertato/tdk bertato itu harus melakukan solat..dan blom tentu org bertato solat'a tidak sah..maupun yg tdk bertato solat'a sah.kalo masalah sah atau tdk'a itu urusan kita sama allah swt..dan kita sebagai umat'a harus melakukan yg ia perintahkan..ulama" aja blom brani pastiin tato itu haram/tidak..allah itu maha pengampun dan maha penerima taubat.masa iya umat'a mau taubat ttpi taubat'a tidak diterima" dan itulah kata beliau.....
    maaf saya sok tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah swt memberi kecerdasaan kepada manusia, cerdas untuk membedakan apa yg baik dan buruk.
      Siapa yg anda panut di dunia dan akhirat? Apakah ustadz di bekasi atau MUI ??
      Jangan mencari pembenaran dengan hukum allah swt.
      Dan sesungguhnya manusia adalah makhluk yang paling sering membantah (al kahfi : 54)

      Delete
    2. Sangat sepaham klo tato adl suatu tindakan yg tak bisa ditiru apalagi diteladani...

      Delete
  118. Assalamualaikum Wr Wb. Saya Mau Tanya, Sekarang Kan Lagi Jaman nya Lip Tatto Lipstick, Temporary Tahan Selama Kurang Lebih 1 Minggu. Itu Halah Atau Haram ya ???? Trus Sah Tidak Jika Di Pakai Dalam Sholat. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya jika anda Muslim, dan tahu hukum2 dalam Islam maka apapun yg di larang seharusnya sudah tidak ada alesan apapun untuk membuat hukum itu Lemah...

      Delete
  119. Jika manusia sudah tahu hukumnya, tak perlu bertanya (apakah, jika dsb) apapun itu yg di larang jauhilah se jauh2nya.. jika kalian masih beralasan berarti dalam keimanan kalian mash di bertanya kan.. dan jelas Alloh tidak menerima orang2 beralasan di Surga

    Contoh: saya Gila ya Alloh, selama hidup saya tidak mengenal utusan bahkan agama apapun.. bagaimana saya bisa masuk mereka.? Alloh menjawab: baiklah, Sekarang jika kamu memang Beriman, masuk lah ke api yg membara itu. Hamba itu menolak "bagaimana saya bisa masuk kesana, sedangkan api itu akan membakar saya" Alloh: "wahai Malaikat seret dia ke neraka" di sini jelas org tersebut di perintah langsung oleh Alloh sang pencipta saja tidak ta'at ... Neraka tempatnya..

    ReplyDelete
  120. Jika manusia sudah tahu hukumnya, tak perlu bertanya (apakah, jika dsb) apapun itu yg di larang jauhilah se jauh2nya.. jika kalian masih beralasan berarti dalam keimanan kalian mash di bertanya kan.. dan jelas Alloh tidak menerima orang2 beralasan di Surga

    Contoh: saya Gila ya Alloh, selama hidup saya tidak mengenal utusan bahkan agama apapun.. bagaimana saya bisa masuk mereka.? Alloh menjawab: baiklah, Sekarang jika kamu memang Beriman, masuk lah ke api yg membara itu. Hamba itu menolak "bagaimana saya bisa masuk kesana, sedangkan api itu akan membakar saya" Alloh: "wahai Malaikat seret dia ke neraka" di sini jelas org tersebut di perintah langsung oleh Alloh sang pencipta saja tidak ta'at ... Neraka tempatnya..

    ReplyDelete
  121. Kalo msh ngebet pengen ada gambar di tubuh pake stiker aja, klo lg mw kliatan keren di pasang......

    ReplyDelete
  122. Buat orang yg mau di tatto >Tatto di tubuh itu seni? Yakin? Bukan karena ingin di bilang keren? Gaul? . buat yg udah terlanjur di tatto > allah swt maha pengampun . simple nya gini panutan kita (umat muslim)adalah nabi muhammad SAW jadi contoh lah beliau.

    ReplyDelete

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Random Post

Google+ Followers

About Me

My Photo

Knowledge is being aware of what you can do. Wisdom is knowing when not to do it.
 
Support : SMP N 1 Pecangaan | SMA N 1 Pecangaan | Universitas Islam Negeri Walisongo
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Islamic Centre - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template