Headlines News :
Home » » HUKUM MEMAKAI TATO DAN SEJENISNYA DALAM ISLAM

HUKUM MEMAKAI TATO DAN SEJENISNYA DALAM ISLAM

Written By Ahmad Multazam on Monday, January 21, 2013 | 3:48 PM

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

I. PENDAHULUAN

Saat ini banyak umat muslim yang mulai tergoda untuk bertato. mereka mengganggap hal ini adalah seni, sungguh disayangkan, remaja muslim Indonesia baik pria maupun wanita mulai menganggap hal ini adalah perbuatan seni dan hak asasi manusia. Tidak tahukah kita bahwa Tubuh kita ini adalah Hak Milik Allah? kelak kita akan mempertanggung jawabkan semua perbuatan kita kepada titipan Allah di akhirat nanti. padahal hal tersebut merupakan hal yang dilaknat oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Begitu kurangkah pengetahuan agama masyarakat muslim? sehingga masalah seperti ini menjadi trend positif bagi masyarakat muslim. Untuk itu disini akan kami sajikan pembahasan mengenai hukum bertato dan sejenisnya, Semoga kita bisa menjaga keluarga, anak dan orang-orang yang kita sayangi dari hal yang dilaknat Allah SWT.

II. RUMUSAN MASALAH

     A.Bagaimanakah hukum bertato dalam Islam ?

III.LANDASAN HUKUM


       A. Al-Qur’an

وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذَانَ اْلأَنْعَامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللهِ وَمَنْ يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِنْ دُوْنِ اللهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُبِيْنًا
“Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. (An-Nisa`: 119)

       B.Hadits


Menurut hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim (muttafaq alaih):
لعن الله الواشمات والموتشمات ، والمتنمصات ، والمتفلجات للحسن ، المغيرات خلق الله
Artinya: Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya, melakukan tato di wajahnya (mutawasshimah), menghilangkan rambut dari wajahnya, menyambung giginya, demi kecantikan, mereka telah merubah ciptaan Allah.

IV.  PEMBAHASAN

Bertato yang dalam Bahasa Arab disebut al wasym ( الوشم ) adalah perbuatan yang hukumnya haram dalam agama Islam, berdasarkan beberapa hadits shahih, yang diantaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim dari Abdullah ibnu Mas’ud,
لعن الله الواشمات و المستوشمات
“Allah melaknat wanita-wanita yang menato dan meminta untuk ditato”

Tatto adalah menusuk-nusukkan jarum atau yang sejenisnya kepada kulit sehingga mengalirkan darah kemudian diberikan alkohol atau yang sejenisnya sehingga menjadi biru. Tato ini biasa dilakukan di tangan, wajah, badan bahkan kaki dan juga di bagian tubuh lainnya. Melakukan tato pada kulit adalah perbuatan yang diharamkan Allah swt, sebagaimana disebutkan didalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Alqomah bahwasanya Rasulullah saw bersabda, ”Allah melaknat orang-orang yang mentato dan yang minta untuk ditato.” (HR. Bukhori)

Hal itu dikarenakan bahwa tato termasuk perbuatan yang merubah ciptaan Allah swt serta menjadikan ditempat tato itu najis dengan membekunya darah dikarenakan warna bahan tato itu.

- Menurut pandangan para ulama :

  • Ibnu Hajar rahimahullahu mengatakan:
"Membuat tato haram berdasarkan adanya laknat dalam hadits, maka wajib menghilangkannya jika memungkinkan walaupun dengan melukainya. Kecuali jika takut binasa, (tertimpa) sesuatu, atau kehilangan manfaat dari anggota badannya maka boleh membiarkannya dan cukup dengan bertaubat untuk menggugurkan dosa. Dan dalam hal ini sama saja antara laki-laki dan wanita."
  • Fatwa Asy-Syaikh Abdul Muhsin Al-'Abbad
عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ: لَعَنَ اللهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللهِ تَعَالَى، مَالِي لاَ أَلْعَنُ مَنْ لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي كِتَابِ اللهِ: {وَمَا آتَاكُمْ الرَّسُوْلُ فَخُذُوْهُ
Disini diterangkan bahwa melaknati perempuan-perempuan yang mentato dan yang minta ditato, yang mencabut atau mencukur rambut (alis), dan yang mengikir giginya untuk memperindah. Yaitu perempuan-perempuan yang mengubah ciptaan Allah.
Beliau mengatakan: "Tato itu haram dan bertambah keharamannya ketika seseorang menggambar sesuatu yang haram seperti hewan-hewan. Barang siapa melakukannya lalu tahu hukumnya hendaknya beristighfar kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan jika bisa menghilangkannya tanpa menimbulkan mudarat maka semestinya itu dihilangkan".


V. ANALISIS

    Berdasarkan penjelasan mengenai tato dan hadist diatas, maka jelaslah bahwasanya Allah SWT, melalui Rasulnya Muhammad SAW, telah melarang setiap muslim (orang Islam) untuk menyambung rambut, merenggangkan gigi termasuk mengikir atau memotong gigi serta membuat tato (rajah) di bagian tubuh manapun, karena perbuatan seperti ini termasuk perbuatan yang menyakiti diri sendiri, merubah apa yang Allah karuniakan kepada kita dan termasuk tidak mensyukuri apa yang Allah telah berikan dan amanahkan kepada kita.
Share this article :

33 comments:

  1. Kalo sudah terlanjur di tato gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Membuat tato haram berdasarkan adanya laknat dalam hadits, maka wajib menghilangkannya jika memungkinkan walaupun dengan melukainya. Kecuali jika takut binasa, (tertimpa) sesuatu, atau kehilangan manfaat dari anggota badannya maka boleh membiarkannya dan cukup dengan bertaubat untuk menggugurkan dosa. Dan dalam hal ini sama saja antara laki-laki dan wanita." .... klo memungkinkan ya di hapus,klo misalkan akan menyebabkan sesuatu yg buruk pada tubuh yg ditatto maka biarkan saja.

      Delete
  2. Tentu harus di hilangkan karena aturan dalam islam tidak boleh menggunakan tato.

    ReplyDelete
  3. di tulisan ahmad menulis “Allah melaknat wanita-wanita yang menato dan meminta untuk ditato ”.[2]

    kemudian ada juga tulisan => ”Allah melaknat orang-orang yang mentato dan yang minta untuk ditato.” (HR. Bukhori)

    jadi yang diharamkan ini wanita saja? atau bagamana sebenarnya hadis ini? adakah dalil lain yang melarang tatoo ini thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Laki-Laki maupun Perempuan tidak boleh ditato jadi itu haram untuk semuanya.

      Delete
  4. kalo tato nggak permanent misalnya kaya cuma tahan 1 bulan,masa nggak boleh juga?
    :p

    ReplyDelete
  5. Boleh klu 1-5bln bhkn ada jg yg smpe 1thn. cuma hrga'y bkin'y lmyn.

    ReplyDelete
  6. Tato juga dikhawatirkan menghalangi air saat wudhu ataupun mandi besar, sehingga orang tersebut masih menanggung hadats, dan konsekuensinya yang paling besar adalah shalatnya tidak sah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.facebook.com/notes/kajian-ilmu-fiqih/apakah-ibadah-tidak-diterima-apabila-di-tubuh-kita-ada-tato-/126722847368744

      Delete
  7. ya kalau pakai tato, ya nggak usah sholat dulu. nunggu tatonya sampai hilang. tapi kalau mau tato yang cepet hilang ya jangan pakai tato yang menusuk jarum atau permanen !

    ReplyDelete
  8. Trimakasih Infonya semoga bermanfaat.

    KETERANGAN OBAT PENGHILANG TATO | PENGHAPUS TATO - RX LUQUID :
    NAMA : RX LUQUID
    BENTUK : Cair ( Oil).
    NETTO : 50ml.
    FUNGSI : Obat Penghilang Tato .
    MADE IN : UK.UNITED KINGDOM (ENGLAND)

    ReplyDelete
  9. Pdhl dgn mentato badan bknnya malah menambah gagah atau cantik seseorang,melainkan malah menunjukkan bahwa diri ini kotor dimata alloh jg dmata org yg melihatnya(versi saya)...thanks

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Pdhl dgn mentato badan bknnya malah menambah gagah atau cantik seseorang,melainkan malah menunjukkan bahwa diri ini kotor dimata alloh jg dmata org yg melihatnya(versi saya)...thanks

    ReplyDelete
  12. Hari gini, sprtinya dah jd trend pd mentato tubuh, pdhal dah tahu itu haram. Sholat jd ngg sah, la sholat aja ngg pernah.paling sholat id...allah bener2 dah d sepelekan...

    ReplyDelete
  13. Kalo mentatonya hanya sebuah editan di foto? Masa gaboleh juga? :p

    ReplyDelete
  14. Naudzubillahi min dzalik..

    ReplyDelete
  15. Hadist diatas hanya menjelaskan untuk wanita. Apakah pria juga dijarang bertatto?

    ReplyDelete
  16. Apapun alasan ny ! TATTO haram bagi muslim.......


    Trims

    ReplyDelete
  17. Pak ustad........tolong sekali-sekali di sosialisasikan di telivsi atau media....larangan tato bagi umat muslim.....kalau perlu yang sosialisasi menteri Agama......

    ReplyDelete
  18. To all : jngan'lah kita mendahului KUASA Allah SWT, & jngan'lah sekali_kali kalian semua merasa paling pintar & mengerti selain ALLAH ta'allah..
    Sesungguh'nya hnya Beliau'lah yg MAHA MENGETAUHI dri yg maha tau.

    Selama kita masih hidup tidak ada hukuman !
    yang ada adalah peringatan agar kita memperbaiki diri.. !!!

    Dan prlu anda semua ketahui !
    Sholat itu hanya urusan sang makhluk dengan tuhan'Nya,
    "Hablu Min'nallah"

    Jngan prna kita manusia biasa mengklaim sesama manusia yg melakukan ibadah wlopun badan'nya penuh TATTOO dan berlumur DOSA,
    Itu TIDAK sah & TIDAK di TERIMAH..

    Sesungguh'Nya hanya kulit & kelakuan.a sja yg tidak di anjurkan AGAMA,
    Tpi saya YAKIN hati & akhlak'Nya "TIDAK" Bertattoo & Tidak se BEJAT yg anda semua kira.

    Trimah kasih,
    Semoga anda semua kembali ingat posisi anda sebagai manusia biasa.
    Bukan : ALLAH SWT / Nabi / Rasul / Wali / Malaikat / Syekh

    Jdi TIDAK sepantas'Nya kita manusia biasa menghakimi sesama manusia yg kadar'Nya menurut MATA anda tidak BAIK..

    Jalani Hidup dngan wajar saja,
    Lakukan yg menurut anda BAIK,
    Dan Tinggal'kan yg menurut anda BAKIL !!!

    Semoga bsa mnjadi tolak ukur saudara2 dmna berada.
    & semoga bermanfaat.

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

    ReplyDelete
  19. aku pernah bersekolah di yayasan dan pernah bertanya mengenai tato bagi pria ,saat bertanya kepada guru2 ane ,sampai saat ini para ulama dunia blm bisa mengharamkan atau menghalalkan tato bagi pria,dan mereka bilang sah atau tidak hanya allah swt yg maha tau.
    coment atas ane bener itu.

    ReplyDelete
  20. Astaghfirullah, coba anda bayangkan bila anda yang disebut sebagai saudara iblis ponakan setan sepupu jin kafir pamannya gendoruwo? dari situ saja bisa terlihat kalau anda kurang berakhlak. berhati-hatilah dengan ucapan, setau yang saya pelajari air wudhu tetap bisa masuk pada kulit yang ber tatto, kemungkinan besar sisi pengharamannya dari sisi mengikuti suatu kaum. tapi bukan berarti jika di tatto tidak dapat bertaubat, apabila tidak ada kemampuan untuk menghilangkan cukup dengan ber taubat. anda bila bicara harus santun, islam tidak masuk ke Indonesia melalui kata-kata menghujat seperti yang anda lakukan. Terimakasih

    ReplyDelete
  21. Asalamualaikum, maaf pak ustadz, saya mau tanya, jika diatas anda berkata " Tato juga dikhawatirkan menghalangi air saat wudhu ataupun mandi besar, sehingga orang tersebut masih menanggung hadats, dan konsekuensinya yang paling besar adalah shalatnya tidak sah " , lalu bagaimana dengan tinta pemilu ? jika menghalangi wudhu juga, "apalagi di jari tangan yg notabene gampang terkena hadas" , mengapa kita disuruh wajib mencelupkan jari ke tinta pemilu? bagaimana penjelasannya? .. Terima kasih, semoga kita semua dalam lindungan-Nya ... Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  22. Kalo di haramkan..berarti tatto itu mau permanen atau nggk tetap Haram...
    Adakah dalil hadist yg mengatakan tatto sementara itu halal?
    Mohon pencerahan . Trims

    ReplyDelete
  23. Sy menyesal udah di tato. Mau menghilangkan tp mahal skitar 6jt an, padahal tato sy kecil, tobat dan sholat sy di terima gak ya kl di biarin tatonya, tp ada cara murah ngehapusnya, cm nanti cacat, bingung nih, sah gak ya amal ibadah yg sy perbuat kl blm di hapus tatonya.

    ReplyDelete
  24. Sy menyesal udah di tato. Mau menghilangkan tp mahal skitar 6jt an, padahal tato sy kecil, tobat dan sholat sy di terima gak ya kl di biarin tatonya, tp ada cara murah ngehapusnya, cm nanti cacat, bingung nih, sah gak ya amal ibadah yg sy perbuat kl blm di hapus tatonya.

    ReplyDelete
  25. Sy menyesal udah di tato. Mau menghilangkan tp mahal skitar 6jt an, padahal tato sy kecil, tobat dan sholat sy di terima gak ya kl di biarin tatonya, tp ada cara murah ngehapusnya, cm nanti cacat, bingung nih, sah gak ya amal ibadah yg sy perbuat kl blm di hapus tatonya.

    ReplyDelete
  26. kalo tatto yangg di haramkan saya rasa itu berlebihan. .
    tapi kalo menambah atau mengurang i bagian tubuh hanya untuk memper indah bentuk tubuh, saya rasa pantas untuk di haramkan. . .

    ReplyDelete


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Random Post

Google+ Followers

 
Support : SMP N 1 Pecangaan | SMA N 1 Pecangaan | Universitas Islam Negeri Walisongo
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Islamic Centre - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template