Headlines News :
Home » » PENGERTIAN PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB)

PENGERTIAN PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB)

Written By Ahmad Multazam on Monday, May 13, 2013 | 1:59 PM

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

       Belajar adalah suatu proses yang kompleks dan terjadi pada semua orang serta berlangsung seumur hidup. Konsep belajar adalah mengingat, belajar adalah memahami, belajar adalah menerapkan (melakukan, keterampilan, praktik), dan belajar adalah pengembangan diri. Pada hakikatnya, alam semesta ini merupakan sumber belajar bagi manusia sepanjang masa. Dan Sesungguhnya sumber belajar itu banyak jenisnya. Hakikat dari PSB adalah terpusat kepada peserta didik, dalam rangka mengembangkan kepribadiannya dan untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran tertentu, misalnya interaksi belajar dalam kelompok kecil, belajar mandiri, belajar bebas dan sebagainya.[1] 
Pusat sumber belajar atau resources centre atau learning Resources centre segala sesuatu yang berbentuk sebuah ruangan sampai dengan suatu bangunan yang rumit yang didisain secara teratur dan khusus dengan tujuan untuk menyimpan, merawat, mengembangkan koleksi sumber belajar baik yang berbentuk bahan cetak maupun bahan non cetak oleh pelajar baik secara individual baik secara individual maupun dalam kelompok kecil, fakultas, sekolah atau akademi. Pusat sumber belajar yang terkadang diberi nama lain seperti laboratorium alat bantu belajar.[2] 
       PSB merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai bangunan rumit dan lengkap. PSB ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia sehingga proses belajar terjadi. 
         PSB disebut pula media center, artinya suatu departemen yang memberikan fasilitas pendidikan, pelatihan, dan pengenalan melalui produksi bahan media seperti slide, transparasi OHP, filmstrip, video, film dan lain-lain. Selain itu juga, pemberian layanan penunjang seperti sirkulasi peralatan audiovisual, penyajian program-program video, pembuatan katalog, dan pemanfaatan pelayanan sumber-sumber belajar pada perpustakaan. 
        Sedangkan menurut Irving R. Merril dan Harold A. Drop“PSB” adalah dipandang sebagai suatu kegiatan yang terorganisasi yang terdiri dari direktur PSB , staf, peralatan, dan bahan-bahan pembelajaran yang ditempatkan dalam suatu lokasi yang mempunyai satu atau lebih fasilitas khusus untuk perencanaan, pembuatan, penyajian, pengembangan dan pelayanan perencanaan yang berhubungan dengan kurikulum dan pembelajaran pada suatu satuan pendidikan. 
      Dengan demikian PSB merupakan wahana yang memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses pembelajaran, dimana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.


                                   
[1] Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya,(Jakarta: Rineka Cipta, 2008), 207-209
[2] Fred Percival dan Henry Ellington, Teknologi pendidikan, Penerjemah: Sudjarwo, (Jakarta: Erlangga,1988), hlm. 126.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Random Post

Google+ Followers

About Me

My Photo

Knowledge is being aware of what you can do. Wisdom is knowing when not to do it.
 
Support : SMP N 1 Pecangaan | SMA N 1 Pecangaan | Universitas Islam Negeri Walisongo
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Islamic Centre - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template