Headlines News :
Home » » Pendidikan anak pada usia sekolah , usia remaja dan usia dewasa

Pendidikan anak pada usia sekolah , usia remaja dan usia dewasa

Written By Ahmad Multazam on Saturday, June 9, 2012 | 11:42 AM

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم



v     Pendidikan anak pada usia sekolah
Agar pendidikan yang disampaikan kepada mereka berhasil dengan baik, pendidik harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh mereka. Menurut Aisyah Dahlan yang dibutuhkan oleh anak adalah sebagai berikut:
-         Perasaan kasih sayang.
-         Merasa aman.
-         Merasa bebas.
-         Merasa sukses.
-         Merasa ada harga diri.

Adapun materi-materi yang harus disampaikan kepada anak didik adalah:
1.      Keimanan.
2.      Ibadah.
3.      Akhlak.
4.      Tanggung jawab sosial.
5.      Pendidikan intelek.
6.      Pendidikan kebersamaan.
7.      Pendidikan fisik.[1]
v     Pendidikan anak pada usia remaja
Agar pendidikan ini mencapai hasil maksimal, maka pendidik harus bersikap bijaksana, perilakunya dapat dijadikan sebagai suri teladan anak didik, dan dalam melaksanakan pekerjaannya mendasarkan pada prinsip “ Tut Wuri Handayani”. Secara garis besar materi pendidikan yang harus disampaikan kepada anak usia remaja adalah :
1.      Akidah/keimanan.
2.      Ibadah/syari’ah.
3.      Akhlakul karimah.
4.      Muamalah.
5.      Tanggung jawab sosial, dll.[2]
v     Pendidikan pada usia dewasa
Sebaiknya pendidik dalam merencanakan program pengajaran bagi orang dewasa merumuskan tujuan khusus sehubungan dengan apa yang seharusnya dipelajari oleh peserta didik, yang dirumuskan dalam pernyataan perlaku yang diharapkan sebagai hasil dari proses pengajaran.
Pengajaran berbasis kompetensi memberi pedoman yang berguna untuk mencapai tujuan spesifik dan konkret bagi pendidikan orang dewasa. Pengajaran ini akan menjadi relevan bagi peserta didik, jika ditekankan pada kompetensi yang mereka butuhkan. Pengajaran ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya sesuai dengan kecepatannya sendiri. Pada umumnya akan lebih mudah bagi pendidik untuk memilih program, materi pelajaran dan metode mengajar, ketika tujuan khusus program berbasis kompetensi yang jelas telah tersusun.
Terdapat beberapa tipe tujuan khusus yang mempunyai posisi sendiri dalam pendidikan orang dewasa. Pemilihan tipe tujuan khusus perlu disesuaikan dengan tujuan umum pengajarannya. Tipe-tipe tujuan khusus tersebut adalah:
1.      Pengetahuan dan pengertian.
2.      Kemampuan, keterampilan (berpikir dan pekerjaan tangan, atau kombinasi dari keduanya).
3.      Minat, penghargaan, idealisme, dan hasrat atau sikap emosional.
4.      Kebiasaan.[3]  



[1] Nur Uhbiyati, Long Life..., hlm. 64-93.
[2] Nur Uhbiyati, Long Life..., hlm. 104-105.
[3] Suprijanto, Pendidikan..., hlm. 21.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Random Post

Google+ Followers

About Me

My Photo

Knowledge is being aware of what you can do. Wisdom is knowing when not to do it.
 
Support : SMP N 1 Pecangaan | SMA N 1 Pecangaan | Universitas Islam Negeri Walisongo
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Islamic Centre - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template