v Pendidikan anak pada usia sekolah
Agar pendidikan yang disampaikan kepada
mereka berhasil dengan baik, pendidik harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh
mereka. Menurut Aisyah Dahlan yang dibutuhkan oleh anak adalah sebagai berikut:
-
Perasaan
kasih sayang.
-
Merasa
aman.
-
Merasa
bebas.
-
Merasa
sukses.
-
Merasa
ada harga diri.
Adapun materi-materi yang harus disampaikan kepada anak
didik adalah:
1.
Keimanan.
2.
Ibadah.
3.
Akhlak.
4.
Tanggung
jawab sosial.
5.
Pendidikan
intelek.
6.
Pendidikan
kebersamaan.
7.
Pendidikan
fisik.[1]
v Pendidikan anak pada usia remaja
Agar pendidikan ini mencapai hasil
maksimal, maka pendidik harus bersikap bijaksana, perilakunya dapat dijadikan
sebagai suri teladan anak didik, dan dalam melaksanakan pekerjaannya
mendasarkan pada prinsip “ Tut Wuri Handayani”. Secara garis besar materi
pendidikan yang harus disampaikan kepada anak usia remaja adalah :
1.
Akidah/keimanan.
2.
Ibadah/syari’ah.
3.
Akhlakul
karimah.
4.
Muamalah.
5.
Tanggung
jawab sosial, dll.[2]
v
Pendidikan
pada usia dewasa
Sebaiknya pendidik dalam merencanakan
program pengajaran bagi orang dewasa merumuskan tujuan khusus sehubungan dengan
apa yang seharusnya dipelajari oleh peserta didik, yang dirumuskan dalam
pernyataan perlaku yang diharapkan sebagai hasil dari proses pengajaran.
Pengajaran berbasis kompetensi memberi
pedoman yang berguna untuk mencapai tujuan spesifik dan konkret bagi pendidikan
orang dewasa. Pengajaran ini akan menjadi relevan bagi peserta didik, jika
ditekankan pada kompetensi yang mereka butuhkan. Pengajaran ini memberikan
kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya sesuai dengan
kecepatannya sendiri. Pada umumnya akan lebih mudah bagi pendidik untuk memilih
program, materi pelajaran dan metode mengajar, ketika tujuan khusus program berbasis
kompetensi yang jelas telah tersusun.
Terdapat beberapa tipe tujuan khusus
yang mempunyai posisi sendiri dalam pendidikan orang dewasa. Pemilihan tipe
tujuan khusus perlu disesuaikan dengan tujuan umum pengajarannya. Tipe-tipe
tujuan khusus tersebut adalah:
1.
Pengetahuan
dan pengertian.
2.
Kemampuan,
keterampilan (berpikir dan pekerjaan tangan, atau kombinasi dari keduanya).
3.
Minat,
penghargaan, idealisme, dan hasrat atau sikap emosional.
4.
Kebiasaan.[3]
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !