I.
PENDAHULUAN
Proses belajar mengajar adalah sebuah kegiatan utuh terpadu antara siswa
sebagai pelajar yang sedang mengajar dengan guru sebagai pengajar yang sedang
mengajar. Dalam kesatuan kegiatan ini terjadi interaksi atau hubungan antara
pendidik dan para anak didiknya. Sehubungan dengan proses ini, setiap pendidik
sangat diharapkan memiliki karakteristik kepribadian ideal yang sesuai dengan
aspek psikologis.
Banyak aspek psikologis dalam proses pembelajaran yang harus dipahami oleh pendidik demi tercapainya tujuan pendidikan. Pendidik harus memahami berbagai konsep psikologi, terutama psikologi belajar. Untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, maka perilaku yang terlibat dalam proses tersebut hendaknya didinamiskan dengan baik. Oleh karena itu, dalam makalah ini kami akan menjelaskan sedikit banyak mengenai aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran.
Banyak aspek psikologis dalam proses pembelajaran yang harus dipahami oleh pendidik demi tercapainya tujuan pendidikan. Pendidik harus memahami berbagai konsep psikologi, terutama psikologi belajar. Untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, maka perilaku yang terlibat dalam proses tersebut hendaknya didinamiskan dengan baik. Oleh karena itu, dalam makalah ini kami akan menjelaskan sedikit banyak mengenai aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran.
II.
RUMUSAN MASALAH
A. Apa pengertian aspek psikologi pembelajaran?
B. Apa saja aspek psikologi yang diperhatikan dalam pembelajaran?
C. Bagaimana pengaruh aspek-aspek psikologi terhadap pembelajaran?
III.
PEMBAHASAN
A. Pengertian Aspek Psikologi Pembelajaran
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah
sudut pandang atau hal-hal yang memberi keterangan kepada kata kerja sehubungan
bagaimana suatu perbuatan yang dinyatakan kata kerja itu berlangsung. Psikologi
merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dengan
lingkungannya.[1]
Sedangkan pembelajaran didefinisikan sebagai proses yang menyatukan pengaruh
kognitif, emosional, lingkungan dan pengalaman untuk memperoleh, meningkatkan
atau membuat perubahan dalam pengetahuan seseorang, keterampilan, nilai dan
pandangan dunia.
Jadi, aspek psikologis dalam pembelajaran
adalah hal-hal yang mempengaruhi manusia dalam memperoleh suatu perubahan
perilaku secara keseluruhan.
B. Aspek-aspek Psikologi yang di Perhatikan Dalam Pembelajaran
1. Persepsi
Persepsi adalah proses yang menyangkut
masuknya pesan atau informasi ke dalam otak manusia.[2] suatu proses yang bersifat
yang menyebabkan orang dapat menerima atau
meringkas informasi yang diperoleh dari lingkungannya. Melalui persepsi
manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Hubungan ini
dilakukan lewat inderanya, yaitu indera penglihat, pendengar, peraba, perasa
dan pencium.
2. Berpikir
Berpikir adalah suatu keaktifan pribadi
manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan.[3]
Berpikir manusia sebenarnya merupakan proses
yang dinamis. Dinamika berpikir ini dimungkinkan oleh pengalaman yang meluas,
perbendaharaan bahasa yang kaya dan didukung pula pendidikan pula yang baik dan
ketajaman dalam berpikir. Dan akhirnya, puncak berpikir yang sebenarnya
terletak pada tingkat abstrak atau menurut Bigot, terletak pada kemampuan dalam
memecahkan masalah.[4]
3. Intelegensi
Intelegensi merupakan konsep abstrak yang
sulit didefinisikan secara memuaskan. Meskipun demikian dari sekian banyak
definisi intelegensi yang dirumuskan oleh para ahli, secara umum dapat
dimasukkan ke dalam salah satu dari tiga klasifikasi berikut:
a. Kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan, beradaptasi dengan
situasi-situasi atau menghadapi situasi-situasi yang sangat beragam.
b. Kemampuan untuk belajar atau kapasitas untuk menerima pendidikan.
c. Kemampuan untuk berpikir secara abstrak, menggunakan konsep-konsep abstrak
dan menggunakan secara luas simbol-simbol dan konsep.[5]
4. Minat
Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan
dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang, diperhatikan
terus-menerus yang disertai rasa senang. Minat tidak dibawa sejak lahir,
melainkan diperoleh kemudian.
5. Motivasi
Motivasi adalah kekuatan
mental yang berupa keinginan, perhatian, kemauan, dan cita-cita yang mendorong seseorang
untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan.[6]
6. Memori
Menurut Bruno (1987),
memori ialah proses mental yang meliputi pengkodean (enconding),
penyimpanan, dan pemanggilan kembali informasi dan Pengetahuan yang
kesemuanya terpusat dalam otak. Ditinjau dari sudut jenis informasi dan
pengetahuan yang disimpan, memori manusia terdiri atas dua macam yakni:
a. Sematic memory,
yaitu memori khusus yang menyimpan arti-arti atau pengertian-pengertian.
b. Episodic memory, yaitu
memori khusus yang menyimpan informasi tentang peristiwa-peristiwa.[7]
C.
Pengaruh Aspek-aspek Psikologi Terhadap
Pembelajaran
1. Persepsi
Persepsi ini bersifat relatif, selektif dan
teratur. Oleh karena itu, sejak dini siswa perlu ditanamkan memiliki persepsi
yang baik dan akurat mengenai apa yang dipelajari. Ketika persepsi salah
terhadap apa yang dipelajari, hal tersebut akan mempengaruhi keberhasilan atau
kegagalan belajar yang akan ditempuh.
Prinsip-prinsip umum yang perlu diperhatikan
dalam menggunakan persepsi adalah:
a.
Makin baik persepsi mengenai sesuatu makin mudah siswa
belajar mengingat suatu tersebut.
b.
Perlunya menghindari dari persepsi salah, karena akan
menimbulkan yang salah pula.
c.
Perlunya berbagai sumber belajar yang dapat mendekati
benda yang sesungguhnya, agar siswa mendapatkan persepsi yang kuat.[8]
2. Berpikir
Berpikir manusia sebenarnya merupakan proses
yang dinamis. Dinamika berpikir ini dimungkinkan oleh pengalaman yang meluas,
perbendaharaan bahasa yang kaya dan didukung pula pendidikan pula yang baik dan
ketajaman dalam berpikir.
Dan akhirnya, jika manusia itu mampu berpikir
secara optimal maka ia akan dapat memperoleh kesuksesan yang sangat baik dalam
kehidupannya.
3. Intelegensi
Intelegensi besar pengaruhnya terhadap
kemajuan belajar. Dalam situasi yang sama, siswa yang mempunyai tingkat
intelegensi yang tinggi akan lebih berhasil daripada yang mempunyai tingkat
intelegensi rendah. Walaupun begitu siswa yang mempunyai tingkat intelegensi
tinggi belum tentu berhasil dalam belajarnya. Hal ini disebabkan karena belajar
adalah suatu proses yang kompleks dengan banyak faktor yang mempengaruhinya,
sedangkan intelegensi adalah salah satu faktor di antara faktor lain.[9]
4. Motivasi
Motivasi memiliki komponen utama yang sangat berpengaruh
yaitu, kebutuhan, dorongan dan tujuan. Motivasi belajar penting
bagi siswa dan guru. Bagi siswa pentingnya motivasi dalam belajar adalah
sebagai berikut :
a.
Menyadarkan pentingnya
kedudukan pada awal belajar, proses, dan hasil akhir dalam belajar.
Menginformasikan tentang pentingnya kekuatan usaha belajar yang di bandingkan
dengan teman sebaya.
b.
Mengarahkan kegiatan
belajar.
c.
Membesarkan semangat
belajar
d.
Menyadarkan tentang adanya
perjalanan belajar dan kemudian bekerja (di sela – selanya adalah istirahat
atau bermain) yang berkesinambungan , yang mana individu dilatih untuk
menggunakan kekuatannya sedemikian rupa agar dapat berhasil.
Sedangkan bagi guru
pentingnya pemahaman dan pengetahuan tentang motivasi belajar pada siswa adalah
sebagai berikut:
a.
Membangkitkan ,
meningkatkan , dan memelihara semangat belajar siswa sampai berhasil.
b.
Mengetahui dan memahami
bahwa motivasi siswa bermacam – macam.
c.
Meningkatkan dan
menyadarkan guru untuk memilih satu di antara bermacam – macam peran dalam
pembelajaran seperti sebagai penasehat, fasilitator, instruktur, teman diskusi,
penyemangat, pemberi hadiah atau pendidik
d.
Memberi peluang bagi guru
untuk “unjuk kerja” dalam rekayasa pedagogis (perencanaan dan pelaksanaan
kegiatan pendidikan).[10]
5. Minat
Minat besar pengaruhnya terhadap belajar,
karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai denga minat siswa,
siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya, karena tidak ada daya tarik
baginya.
6. Memori
Tinggi rendahnya memori sangat berpengaruh
terhadap proses pembelajaran oleh anak didik dalam menerima pelajaran. Oleh
karena itu untuk membantu memudahkannya dalam menyerap pelajaran, harus
digunakan beberata strategi. Matlin (1994) menyebutkan
empat macam strategi memori yang penting, yaitu: rehearsal, organization,
imagery dan retrival.
a.
Reherseal (pengulangan),
meningkatkan memori dengan cara mengulangi berkali-kali informasi setelah
informasi tersebut disajikan.
b.
Organization (organisasi),
seperti pengkategorian dan pengelompokan, merupakan stretegi yang sering
digunakan oleh orang dewasa.
c.
Imagery (perbandingan),
tipe dari karakteristik pembayangan dari seseorang.
d.
Retrival (pemunculan
kembali), proses mengeluarkan atau menganngkat informasi dari tempat penyimpanan.[11]
[1] M.
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
1997), hlm. 2.
[2]
Slameto, Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: PT
Rineka Cipta, 2010), hlm. 102.
[3] M.
Ngalim Purwanto, Op. Cit., hlm. 85.
[4]
Abd, Rachman Abror, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Tiara Wacana
Yogya, 1993), hlm. 127.
[5]
Desmita, Psikologi Perkembangan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009),
hlm. 163.
[6] http://akhmadsudrajat. Wordpress.com/2012/08/12/psikologi-pembelajaran-dan-penagjaran/sabtu
8 Desember 2012, pukul 10:17.
[7] http://ekookdamezs.blogspot.com/2012/05/aspek-aspek-psikologi-yang-mempengaruhi.html/ sabtu
8 Desember 2012, pukul 10:25.
[8] Slameto, Op. Cit., hlm., 102.
[9] Ibid.,
hlm., 56.
[10] http://akhmadsudrajat. Wordpress.com/2012/08/12/psikologi-pembelajaran-dan-penagjaran/
sabtu 8 Desember 2012, pukul 10:17.
[11]
Desmita, Op. Cit., hlm. 159-160.
Yalı
ReplyDeleteBeyazkent
Hisardere
Orhaniye
Karacakaya
T15
whatsapp görüntülü show
ReplyDeleteücretli.show
84TMAC
görüntülü.show
ReplyDeletewhatsapp ücretli show
6KO40
ankara parça eşya taşıma
ReplyDeletetakipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
4MQV
kayseri evden eve nakliyat
ReplyDeletesamsun evden eve nakliyat
muğla evden eve nakliyat
bursa evden eve nakliyat
bingöl evden eve nakliyat
OQJ
A7C30
ReplyDeleteHakkari Lojistik
Maraş Lojistik
Aydın Evden Eve Nakliyat
Ağrı Lojistik
Artvin Lojistik
628B7
ReplyDeleteBilecik Şehirler Arası Nakliyat
Adıyaman Lojistik
Çerkezköy Cam Balkon
Diyarbakır Lojistik
Silivri Parke Ustası
İstanbul Parça Eşya Taşıma
Urfa Şehirler Arası Nakliyat
Bilecik Lojistik
Ünye Oto Boya
F9A11
ReplyDeleteNiğde Şehirler Arası Nakliyat
Denizli Lojistik
Etimesgut Fayans Ustası
Okex Güvenilir mi
Kilis Şehir İçi Nakliyat
Manisa Parça Eşya Taşıma
Çankırı Parça Eşya Taşıma
Ünye Asma Tavan
Karaman Evden Eve Nakliyat
D6196
ReplyDeleteArtvin Lojistik
Bolu Evden Eve Nakliyat
Mersin Evden Eve Nakliyat
Kripto Para Borsaları
Hatay Şehir İçi Nakliyat
Sakarya Evden Eve Nakliyat
Çankırı Lojistik
Gümüşhane Şehir İçi Nakliyat
Van Şehirler Arası Nakliyat
8D2FC
ReplyDeleteÇerkezköy Sineklik
Artvin Evden Eve Nakliyat
Pitbull Coin Hangi Borsada
Afyon Evden Eve Nakliyat
Nevşehir Parça Eşya Taşıma
Ankara Parça Eşya Taşıma
İstanbul Parça Eşya Taşıma
Ünye Parke Ustası
Hotbit Güvenilir mi
EC5D6
ReplyDeletekilis ücretsiz sohbet uygulamaları
denizli ücretsiz görüntülü sohbet
erzurum canli sohbet bedava
canlı ücretsiz sohbet
kilis canlı görüntülü sohbet odaları
görüntülü sohbet siteleri ücretsiz
mobil sohbet siteleri
düzce goruntulu sohbet
bolu chat sohbet
D12FD
ReplyDeleteBurdur Sesli Sohbet Odası
ığdır bedava sohbet siteleri
hatay canlı görüntülü sohbet uygulamaları
niğde telefonda görüntülü sohbet
giresun görüntülü sohbet uygulama
karaman parasız görüntülü sohbet
hakkari yabancı canlı sohbet
zonguldak canlı sohbet siteleri ücretsiz
Ordu Görüntülü Canlı Sohbet
DDBAC
ReplyDeleteamasya telefonda canlı sohbet
rastgele sohbet odaları
mersin canli goruntulu sohbet siteleri
burdur görüntülü sohbet kızlarla
parasız sohbet siteleri
bedava görüntülü sohbet sitesi
telefonda rastgele sohbet
Izmir Görüntülü Sohbet
artvin mobil sohbet siteleri