Headlines News :
Home » » prinsip archimedes

prinsip archimedes

Written By Ahmad Multazam on Saturday, May 30, 2009 | 11:24 AM

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Gaya Ke atas dan Prinsip Archimedes

anak sedang mengapung di air

Kita semua pasti suka berenang dan pasti sudah pernah berenang di kolam renang, atau paling tidak berendam di dalam air. Jika kita teliti, kita pasti merasakan ada sesuatu yang berbeda ketika kita menceburkan diri kita ke dalam air. Kita merasa seperti terangkat oleh air atau bisa dikatakan ada gaya seolah-olah mengangkat kita, gaya yang dilakukan oleh fluida.Gaya ini akan lebih terlihat apabila kita meletakkan benda yang ringan seperti gabus diatas permukaan air dia akan mengapung. Ini menunjukkan adanya gaya apung yang bekerja pada fluida.

Kenyataan yang lain yang dapat kita amati ialah apabila seuah benda yang ditenggelamkan ke dalam air, ada sebagian fluida yang berpindah dan bila kita timbang berat fluida yang dipindahkan, maka akan sama dengan berat benda yang dimasukan kedalam air tadi. Kenyataan ini merupakan suatu hukum dasar dalam penggambaran fluida yang disebut dengan prinsip Archimedes.

Archimedes

Archimedes

Berat suatu benda dapat diketahui dari massanya dikali gravitasi W = m.g . Bagaimana dengan berat fluida. Karena fluida dapat dibedakan berdasarkan massa jenis, massa fluida dapat diketahui dari massa jenis dan volumenye. Jadi, berat suatu fluida adalah massa jenis benda dikali volume dikali gravitasi. Bila ini dikaitkan dengan gaya apung, didapat bahwa gaya apung sebanding dengan massa jenis dan fluida.

Berdasarkan massa jenisnya benda yang tercebur ke dalam fluida dapat berada dalam satu dari tiga keadaan, yaitu tenggelam, melayang dan terapung. Benda akan tenggelam bila massa jenisnya lebih besar dari massa jenis fluida. Benda akan melayang, apabila massa jenisnya sama dengan massa jenis fluida. Benda akan terapung bila massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis fluida

Benda yang terapung memiliki massa jenis lebih kecil dari massa jenis fluida sehingga gaya lebih kecil dari gaya ke atas fluida. Bila ada sebagian benda yang tercelup, gaya ke atas fluida ini sama dengan berat benda yang tercelup.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Random Post

Google+ Followers

About Me

My Photo

Knowledge is being aware of what you can do. Wisdom is knowing when not to do it.
 
Support : SMP N 1 Pecangaan | SMA N 1 Pecangaan | Universitas Islam Negeri Walisongo
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Islamic Centre - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template