Pages

Sunday, May 13, 2012

Lingkungan Pendidikan


A.  Lingkungan Pendidikan
Situasi lingkungan mempengaruhi proses hasil pendidikan. Situasi lingkungan ini meliputi lingkungan fisis, lingkungan teknis dan lingkungan sosiokultural. Dalam hal-hal dimana situasi lingkungan ini berpengaruh secara negatif terhadap pendidikan, maka lingkungan itu menjadi pembatas pendidikan.[1]
Dalam pendidikan tradisional, peserta didik di pandang sebagai organisme yang pasif, hanya menerima informasi dari orang dewasa. Kini dengan makin cepatnya perubahan sosial, dan berkat penemuan teknologi, maka komunikasi antar manusia sangat cepat. Hal ini tergantung pada konteks yang mendorong perkembangan seseorang.

Ada 4 konteks yang disebutkan, yaitu:
1.    Lingkungan dimana belajar kebetulan dan kadang-kadang, disini mereka belajar tidak berprogram.
2.    Lingkungan belajar dimana peserta didik belajar secara sengaja dan dikehendaki.
3.    Sekolah dimana peserta diddik mengikuti program yang ditetapkan.
4.    Lingkungan pendidikan optimal, di sekolah yang ideal dimana peserta dapat melakukan cara belajar sisiwa aktif (CBSA) sekaligus menghayati atau mengimplikasikan nilai-nilai.[2]


[1] Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan, hal 10
[2] Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan,  hal 9

No comments:

Post a Comment