I.
Pendahuluan
Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa madinah
merupakan kota dimana Islam berkembang. Tapi perlu diketahui juga bahwa
lahirnya Islam bukanlah di Madinah. Madinah sebelum kedatangan Islam adalah
sama seperti kota-kota di Arab sebelum datangnya Islam.
Datangnya Islam di Madinah memberikan cahaya baru
kehidupan di Madinah dan memberikan banyak pengaruh terhadap masyarakat
Madinah. Di dalam makalah ini pemakalah akan menuturkan pengaruh Islam terhadap
masyarakat Madinah beserta perubahannya.
II.
Rumusan masalah
Dari latar belakang permasalahan tema makalah ini,
pemakalah merumuskan batasan-batasan masalah yang akan dibahas sebagai berikut:
A. Bagaimana
Keadaan Masyarakat Madinah sebelum Datangnya Islam?
B. Bagaimana
Keadaan Masyarakat Madinah setelah Datangnya Islam?
C. Apa
itu Piagam Madinah?
III.
Pembahasan
A. Masyarakat
Madinah sebelum datangnya Islam
Madinah
adalah kota yang indah nan subur yang terletak di kawasan Hijaz, 24-28°
Lintang Utara dan 39-36° Bujur Timur. terletak sekitar 510 km.
sebelah utara Mekkah, merupakan kota terbesar kedua di Hijaz yang terletak pada
jalur perdagangan antara Yaman di selatan dan Suriah di utara. Madinah terhitung
subur untuk ukuran jazirah Arabia, oleh karena itu sebelum datangnya Islam
wilayah ini sudah dikenal sebagai salah satu pusat pertanian.[1]
Sebelum
Islam datang madinah dikenal dengan sebutan “Yastrib”, nama Yastrib diambil
dari seorang Yastrib bin Qa’id bin ‘Abil, seorang Arab dari keluarga ‘Amaliqah
yang menguasai daerah Bahrain, Hijaz dan Mesir.[2]
Golongan
Yahudi merupakan komunitas pertama yang menetap di Madinah. Karena lari dari
penindasan Romawi dan Babilonia. Suku Bani Quraizah, Bani Nadlir, Bani Qainuqa
suku-suku Yahudi pertama yang pindah ke madinah, setelah itu datang suku Auz
dan Khazraj – dua suku Arab keturunan Qathan (Al-Qathan) – yang merupakan suku
terbesar di Arab.
Kedua
golongan hidup berdampingan, tetapi hubungan mereka sering diwarnai ketegangan.
Orang Yahudi yang mempunyai kepercayaan monoteistik menganggap diri mereka
sebagai masyarakat pilihan tuhan, dan cenderung memandang rendah orang Arab
yang saat itu masih menyembah berhala.
Hubungan
intern di antara orang-orang Arab sendiri pada dasarnya tidak selalu harmonis.
Permusuhan antara suku Auz dan suku Khazraj berlangsung terus-menerus. konflik
anatar dua golongan besar tersebut sama sekali bukan dipicu oleh perebutan kekuasaan,
karena masing-masing pihak telah mempunyai wilayah sendiri-sendiri. Konflik
yang terjadi lebih disebabkan oleh perebutan sumber-sumber air yang terdapat di
luar wilayah kekuasaan masing-masing.
Pada
tahun 619, terjadi pertempuran berdarah (perang Bu’as) antara suku ‘Aus dan
Khazraj, golongan 'Aus keluar sebagi pemenang. Kemenangan ‘Aus ini mendatangkan
ketakutan di golongan Khazraj. Akan tetapi ketakutan yang sama juga muncul di
kalangan ‘Aus, karena secara jumlah mereka lebih kecil. Oleh karena itu, para
pemimpin ‘Aus mempunyai gagasan utuk mengirim utusan ke Mekkah meminta bantuan
kepada kaum Quraisy, tapi mereka menolak memberikan bantuan. Nabi mendakwahi
mereka dan membacakan kepada mereka beberapa ayat, tapi tidak ada seorang pun
yang mempercayainya.
Pada
tahun 620, golongan Khazraj mengutus beberapa orang untuk datang ke Mekkah ,
juga untuk meminta pertolongan. Sebagaiman terhadap golongan ‘Aus tahun
sebelumnya, Nabi mendatangi mereka untuk memberitahu hal tentang Islam,tapi
tidak mendapatkan respon sesuai yang diharapkan.
Usaha
Nabi Muhammad saw menawarkan agama Islam kepada golongan ‘Aus dan Khazraj
tersebut merupakan titik awal dari hubungan Islam dan Madinah. Pada akhir 620,
Nabi bertemu dengan utusan yang berasal dari golongan ‘Aus, dan misi Nabi
diterima. Mereka bahkan berjanji akan menyampaikan misi tersebut kepada
orang-orang Arab Yastrib, termasuk golongan Khazraj. Mereka berhasil dan pada
tahun berikutnya beberapa orang mAdinah membuat perjanjian dengan Nabi. Isi
kesepakatan itu dalah bahwa di satu pihak mereka akan masuk iSlam dan pihak
lain Nabi saw bersedia menjamin keamanan dan menumbuhkan persahabatan di antara
mereka.[3]
B. Masyarakat
Madinah setelah datangnya Islam
Setelah
kedatangan Nabi ke Madinah, matahari Islam pun bersinar di atas langit bersih
kota Madinah dan cahayanya mulai memancar luas dan membawa banyak pengaruh dan
perubahan bagi masyarakat Madinah.
Salah
satu hasil pertamanya adalah keadaan perang yang telah lama mencekam dua
kabilah ‘Aus dan Khazraj berubah menjadi keadaan damai dan persahabatan.
Undang-undang Allah diwahyukan dan kemudian diwujudkan serta dipraktekkan satu
demi satu. Setiap hari, satu bentuk perilaku jahat tentu di basmi dan di ganti
dengan kesalehan dan keadilan.
Nabi
pun secara resmi dan otomatis menjadi pemimpin penduduk kota Madinah. Periode
Madinah, Islam merupakan kekuatan politik, Nabi mempunyai kedudukan tidak hanya
sebagai kepala agama saja, tetapi sebagai juga sebagai kepala negara. Nabi
mengajarkan pendidikan dasar-dasar kehidupan bermasyarakat kepada masyarakat
Madinah sebagai negara baru. Adapun titik tekan dari pendidikan tersebut adalah:[4]
1. Pembentukan
dan pembinanaan masyarakat baru, menuju satu kesatuan sosial dan politik. Dalam
hal ini Nabi melaksanakan pendidikan sebagai berikut:
a. Nabi
mengikis habis sisa-sisa permusuhan dan pertengkaran antar suku, dengan jalan
mengikat tali persaudaraan di antara mereka
b. Untuk
memenuhi kebutuhan sehari-hari, Nabi menganjurkan kepada kaum Muhajirin untuk
usaha dan bekerja sesuai dengan kemampuan dan pekerjaan masing-masing seperti
waktu di Makkah
c. Menjalin
kerjasam dan tolong-menolong dalam membentuk tata kehidupan masayarakat yang
adil dan makmur
d. Shalat
jum’at sebagai media komunikasi seluruh umat Islam.
2. Pendidikan
sosial dan kewarganegaraan. Pendidikan ini dilakukan melalui:
a. Pendidikan
ukuwah (persaudaraan) antar kaum muslimin
b. Pendidikan
kesejahteraan sosial dan tolong-menolong
c. Pendidikan
kesejahteraan kaum kerabat.
3. Pendidikan
anaka dalam Islam. Rasulullah selalu mengingatkan umatnya antara lain:
a. Agar
kita selalu menjaga diri dan anggota keluarga dari api neraka
b. Agar
jangan meninnggalkan anak dan keturunan dalam keadaan lemah dan tidak berdaya
menghadapi tantangan
c. Orang
yang dimuliakan Allah adalah orang yang berdoa agar dikaruniai keluarga dan
anak keturunan yang menyenangkan hati.
4. Pendidikan
pertahanan keamanan dakwah Islam.
Dalam rangka
memperkokoh masyarakat dan negara baru ini, Nabi segera meletakkan dasar-dasar
kehidupan bermasyarakat:[5]
a. Dasar
pertama. Pembangunan masjid, selain untuk tempat shalat, masjid juag
berfungsi sebagai sarana penting untuk mempersatukan kaum muslimin,
bermusyawarah, bahkan juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan
b. Dasar
kedua. Ukhuwah islamiyah, persaudaraan sesama muslim. Nabi
mempersaudarakan antara golongan Muhajirin dan Anshar, dan ikut membantu kaum
Muhajirin tersebut. Dengan demikian, diharapkan setiap muslim merasa terikat
dalam suatu persaudaraan dan kekeluargaan.
c. Dasar
ketiga. Hubungan persahabatan dengan pihak-pihak lain yang tidak
beragama Islam. Di Madinah, disamping orang-orang Arab Islam, juga terdapat
golongan masyarakat Yahudi dan orang-orang Arab yang masih menganut agama nenek
moyang mereka.
C. Piagam
Madinah
Sejalan
dengan perkembangan awal umat Islam, nabi kemudian menyususn aturan
kemasyarakatan yang lebih luas cakupannya. Melalui beberapa kali musyawarah
dengan berbagai kelompok penduduk Madinah, akhirnya dirumuskan aturan yang
dibakukan secara tertulis yang dikenal sebagai Piagam Madinah (as-Shahifah
al-Madaniyyah atau al-Misaq al-Madaniyah). Piagam ini berfungsi
sebagai semacam undang-undang politik kemasyarakatan bagi semua golongan yang
ada di di kota tersebut. Di dalamnya tertuang aturan-aturan yang berkenaan
dengan orang-orang Muhajirin, Anshar, serta Yahudi yang bersedia hidup berdampingan
dengan kaum muslim.
Piagam
ini bersifat terbuka,selalu dapat ditambahkan dengan rumusan aturan baru sesuai
dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat. Dalam perkembangannya, Piagam
Madinah berisis empat bagian yang terdiri atas 70 pasal. Piagam ini tidak
ditulis dalam waktu yang bersamaan; antara pasal-pasal pada suatu bagian lain
sering terdapat pengulangan atau penjelasan lebih terperinci tentang persoalan
yang sudah dikandung dalam bagian lain.[6]
Dari
ringkasan 70 pasal Piagam Madinah, terdapat beberapa asas yang dapat dianut,[7]
yaitu:
a. Asas
kebebasan beragama
Negara mengakui dan
melindungi setiap kelompok untuk beribadah menurut agamanya masing-masing.
b. Asas
persamaan
Semua orang mempunyai
kedudukan yang sama sebagai anggota masyarakat, wajib saling membantu dan tidak
boleh seorangpun dilakukan secara buruk. Bahkan orang lemahpun harus dilindungi
dan dibantu.
c. Asas
kebersamaan
Semua anggota
masyarakat mempunyai hak dan kewajiban yang sama terhadap negara.
d. Asas
keadilan
Semua anggota
masyarakat mempunyai kedudukan yang sam di hadapan. Hukum harus ditegakkakn.
Siapapun yang melanggar harus dikenai hukuman. Hak individual diakui.
e. Asas
perdamaian dan keadilan
f. Asas
musyawarah
[1]Qodry Azizy, Ensiklopedia
Tematik Dunia Islam “Akar dan Awal ”, (Jakarta: PT Baru Van Hoeve, 2002),
hlm. 118.
[2] Abd. Adzim Irsyad, Madinah
Keajaiban dan Keagungan Kota Nabi, (Jogjakarta: A+
Plus, 2009), hlm. 25.
[3]Qodry Azizy, Op. Cit, hlm.
118-119.
[4]Fatah Sykur, Sejarah Peradaban
Islam, (Semarang: PT Pustaka Rizki Putra, 2009), hlm. 38-40.
[5]Badri Yatim, Sejarah Peradaban
Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008), hlm. 26.
[6]Qodry Azizy, Op. Cit, hlm.
121.
[7]Fatah Syukur, Op. Cit, hlm.
46.
sayang tidak dijelaskan sampai Islam berjaya dan dapat menduduki kota Mekah, karena dari sejarah yang saya pernah baca (bukan dari dakwah) pada akhirnya piagam Madinah gagal mempertahankan kondisi yang sebagaimana di harapkan Rosul. Setelah umat Islam berkembang pesat di Madinah umat Yahudi selaku kaum pertama yng menempati kota Madinah sebelum kedatangan orang Arab malah tersingkir dan harus terpaksa menjual semua rumah dan tanahnya untuk keluar dari Madinah, bahkan suku terakhir yang tidak mau pindah dan menjualnya kepada penduduk Muslim, harus rela dibunuh habis atas persetujuan dari seorang sahabat yahudi yang sudah masuk Islam dan sahabat itupun rela ikut dibunuh dalam tragedi tersebut. Rosul yang sedih dan kecewa akhirnya mencopot Ali ibnu Thalib dari jabatan panglima perang.
ReplyDeleteMohon penjelasannya agar jika sejarah yang tertulis dibuku itu adalah fitnah belaka, maka mereka2 yang pernah membacanya seperti saya dapat memahami kejadian yang sesungguhnya. karena seperti yang sayang ketahui bahwa pada akhirnya semua suku Yahudi yang mendiami Yastrib akhirnya tidak ada lagi di kota tersebut.
Semoga Allah menerangi jalan kita semua.
Erzurum
ReplyDeleteistanbul
Ağrı
Malatya
Trabzon
STL
Malatya
ReplyDeleteKırıkkale
Aksaray
Bitlis
Manisa
QMD8AG
Erzurum
ReplyDeleteistanbul
Ağrı
Malatya
Trabzon
M8LUZ
van
ReplyDeletekastamonu
elazığ
tokat
sakarya
AHSA
Tokat Lojistik
ReplyDeleteKonya Lojistik
Mersin Lojistik
Karabük Lojistik
Samsun Lojistik
7M6G
ordu evden eve nakliyat
ReplyDeletebursa evden eve nakliyat
konya evden eve nakliyat
osmaniye evden eve nakliyat
bitlis evden eve nakliyat
TH2SO
maraş evden eve nakliyat
ReplyDeletemalatya evden eve nakliyat
ağrı evden eve nakliyat
elazığ evden eve nakliyat
aydın evden eve nakliyat
SAJQR
740A0
ReplyDeleteIğdır Lojistik
Maraş Evden Eve Nakliyat
Erzurum Lojistik
Trabzon Parça Eşya Taşıma
Burdur Evden Eve Nakliyat
47D05
ReplyDeleteSakarya Şehir İçi Nakliyat
Ankara Lojistik
Düzce Şehir İçi Nakliyat
Eryaman Parke Ustası
Konya Şehir İçi Nakliyat
Isparta Parça Eşya Taşıma
Rize Evden Eve Nakliyat
Manisa Parça Eşya Taşıma
Çerkezköy Kurtarıcı
9BCC3
ReplyDeleteEdirne Evden Eve Nakliyat
Kars Evden Eve Nakliyat
Tunceli Şehirler Arası Nakliyat
Niğde Şehir İçi Nakliyat
Elazığ Şehir İçi Nakliyat
Omlira Coin Hangi Borsada
Aydın Şehir İçi Nakliyat
Expanse Coin Hangi Borsada
Bursa Şehir İçi Nakliyat
1B24B
ReplyDeletetekirdağ sesli sohbet
trabzon seslı sohbet sıtelerı
gümüşhane ücretsiz görüntülü sohbet
bedava sohbet chat odaları
telefonda canlı sohbet
mobil sohbet siteleri
canlı sohbet ücretsiz
niğde mobil sohbet bedava
kırklareli canlı sohbet bedava
02D05
ReplyDeleteMardin Görüntülü Sohbet
siirt en iyi görüntülü sohbet uygulamaları
kadınlarla sohbet
Gümüşhane Sohbet Sitesi
mersin bedava sohbet siteleri
afyon canlı sohbet siteleri ücretsiz
Burdur Canlı Sohbet Et
zonguldak sesli sohbet sitesi
karabük görüntülü sohbet kızlarla
ACA3B
ReplyDeleteSoundcloud Takipçi Satın Al
Kaspa Coin Hangi Borsada
Btcst Coin Hangi Borsada
Alya Coin Hangi Borsada
Binance Referans Kodu
Kripto Para Kazma Siteleri
Periscope Beğeni Hilesi
Mefa Coin Hangi Borsada
Coin Kazma Siteleri
8D4CC
ReplyDeleteaave
avax
dcent
looksrare
poocoin
raydium
satoshi
arculus
dappradar
04528
ReplyDeleteraydium
arbitrum
chainlist
shiba
dappradar
safepal
uniswap
arbitrum
defilama
AC8FF
ReplyDeleteArapgir
Derebucak
Boyabat
Escobarvip İfşa
Mihalıççık
Çanakkale
Kemalpaşa
Bornova
Honaz
vgdfgbrdfgtrett
ReplyDeleteشركة مكافحة حشرات بالاحساء
HYTHY6TJ
ReplyDeleteشركة تسليك مجاري بالدمام
شركة مكافحة الفئران بالدمام NJaLWqeRS7
ReplyDeleteشركة عزل اسطح BbOeJovGXM
ReplyDeleteشركة تسليك مجاري بالهفوف m366Yn6JR8
ReplyDeleteشركة تنظيف افران بعنيزة 81y4f1swCA
ReplyDelete